Selasa, 30 Juli 2019

MANUSIA TAK PERNAH LEPAS DARI PENGAWASAN ALLAH


MANUSIA TAK PERNAH LEPAS DARI PENGAWASAN ALLAH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Manusia, yang beriman ataupun kafir bukan hanya merasa diawasi oleh Allah Ta’ala tapi pasti mereka TAK PERNAH LEPAS DARI PENGAWASANNYA. Sungguh Allah adalah Dzat yang Maha Mengetahui dan senantiasa mengawasi hamba-Nya. Allah Ta’ala  berfirman :

وَهُوَ مَعَكُمْ أَيْنَ مَا كُنْتُمْ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Dan dia bersama kamu dimana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.(Q.S. al Hadiid 4)

Al Hafizh Ibnu Katsir berkata : Maksudnya adalah bahwa  Allah senantiasa menyaksikan kalian dan menyaksikan amal kalian. Bagaimanapun keadaan kalian dan dimana saja kalian berada didaratan atau dilautan, siang ataupun malam dirumah atau pun di padang pasir. Semua itu berada dalam pengetahuan, pengawasan dan pendengaran-Nya. (Tafsir Ibnu Katsir)

Allah Ta’ala berfirman : 

وَكَانَ اللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ رَقِيبًا

Dan Allah Maha Mengawasi segala sesuatu. (Q.S al Ahzab 52)

Ketahuilah bahwa  manusia hanya bisa bersembunyi (sementara saja) dihadapan manusia yang lain dan tidak ada yang tersembunyi di hadapan Allah Ta’ala. Ingatlah firman  Allah Ta’ala :

يَسْتَخْفُونَ مِنَ النَّاسِ وَلَا يَسْتَخْفُونَ مِنَ اللَّهِ وَهُوَ مَعَهُمْ

Mereka dapat bersembunyi dari manusia tetapi mereka tidak dapat bersembunyi dari Allah karena Dia beserta mereka. (Q.S an Nisa’ 108)

Bahkan Allah Ta’ala Yang Maha Mengetahui telah menugaskan dan memerintahkan pula dua malaikat untuk mencatat semua perbuatannya baik perkataan maupun perbuatan. Allah Ta’ala berfirman :

إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ

مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيد

(Ingatlah) ketika dua malaikat mencatat (perbuatannya) yang satu duduk disebelah kanan dan yang lain disebelah kiri. Tidak ada sat kata yang diucapkannya melainan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat). Q.S Qaf 17-18.

Oleh karena itu maka manusia yang berakal sehat terlebih  lagi orang orang beriman akan senantiasa menjaga diri untuk selalu MENJAUHKAN DIRI DARI PERBUATAN TERCELA yang mendatangkan murka Allah. Ketahuilah berapa banyak manusia di zaman ini yang terjatuh kepada berbagai dosa dan maksiat karena merasa tak ada yang mengawasi dan mencatat kelakukan buruknya.

Mereka dengan mudah menzhalimi manusia. Mengambil harta orang lain, merendahkan kehormatan seseorang dengan menghina, mengolok, meng-ghibah, mempersulit urusannya bahkan menumpahkan darahnya tanpa hak.

Sekali lagi ingatlah bahwa MANUSIA TAK PERNAH LEPAS DARI PENGAWASAN ALLAH TA’ALA terutama dalam ucapan dan perbuatan. Dan di akhirat kelak semua akan ditanya dan harus dipertanggung jawabkan. Allah Ta’ala berfirman :

وَلَتُسْأَلُنَّ عَمَّا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Dan sesungguhnya kamu akan ditanya tentang apa yang telah kamu kerjakan. Q.S an Nahal 93).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.705).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar