Sabtu, 13 Juli 2019

RASULULLAH MENGAJARKAN DOA BERLINDUNG DARI HUTANG


RASULULLAH MENGAJARKAN DOA BERLINDUNG 
DARI HUTANG

Oleh : Azwir B. Chaniago

Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan umatnya beberapa doa berlindung dari hutang, diantaranya :

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو رضي الله الهم قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللَّهِ صلى الله عليه و سلم يَقُوْلُ: “اَللّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الْعَدُوِّ، وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ.” رَوَاهُ النَّسَائِيْ وَصَحَّحَهُ الْحَاكِمَ.

Dari Abdullah bin ‘Amr radiyallahu anhuma ia berkata : Rasulullah Sallallahu Alayhi Wasallam biasa membaca doa : Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang, dari kesewenang-wenangan musuh, dan dari kegembiraan mereka di atas penderitaan kami. (H.R  an Nasa’i)

Beliau juga mengajarkan doa :

اَللهم إِنِّـيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَـمِّ، وَالْحَزَنِ، وَالْعَجْزِ، وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ، وَالْـجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan, kesedihan, dan kelemahan, kemalasan, sifat kikir, pengecut, lilitan hutang, dan di kuasai orang lain. (H.R Imam Bukhari)

Ketahuilah bahwa ada beberapa doa untuk BERLINDUNG DARI SEGALA SESUATU YANG TIDAK BAIK. Diantaranya adalah doa berlindung dari :

Pertama : Doa berlindung dari syaithan.

رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ.

وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَن يَحْضُرُونِ

Ya Rabb-ku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syaitan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Rabb-ku, akan kehadirannya kepadaku. (Q.S al Mu’minun 97-98).

Sungguh Allah Ta’ala melalui Rasul-Nya telah  mengajarkan doa berlindung dari syaithan karena syaithan akan selalu mendatangkan keburukan bagi kita semua.

Kedua : Doa berlindung dari empat perkara.

Sebelum salam ketika shalat yaitu setelah membaca tasyahud akhir Rasulullah mengajarkan kita untuk senantiasa membaca doa berlindung dari empat perkara yakni :

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ القَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ المَسِيحِ الدَّجَّالِ

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka Jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari kejahatan fitnah al Masih ad Dajjal). (H.R Imam Muslim)

Jadi kesimpulannya adalah bahwa ketika Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam MEMBACA DOA UNTUK BERLINDUNG DARI SUATU PERKARA MAKA  ITU ADALAH SUATU PERKARA YANG BURUK DAN MEMBAHAYAKAN. Oleh karena itu ketika Rasulullah mengajarkan kita DOA UNTUK BERLINDUNG DARI HUTANG MAKA BERARTI BERHUTANG ADALAH SESUATU YANG BURUK PULA DAN KITA BERUSAHA MENGHINDARINYA.

Namun demikian ketahuilah bahwa berhutang bukanlah sesuatu yang dilarang dalam syariat Islam. Tapi mengambil hutang haruslah sekedarnya dan dalam keadaan sangat mendesak dalam memenuhi kebutuhan. Rasulullah pun pernah berhutang yaitu sebagaimana sebuah hadits  dari Aisyah, dia berkata : 

 اشْتَرَى طَعَامًا مِنْ يَهُودِيٍّ إِلَى أَجَلٍ فَرَهَنَهُ دِرْعَهُ

Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam membeli makanan dari seorang Yahudi dengan tidak tunai, kemudian beliau menggadaikan baju besinya. (H.R Imam Bukhari).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.686)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar