Jumat, 12 Juli 2019

SETIAP HAMBA SANGAT MENGINGINKAN KECINTAAN ALLAH


SETIAP HAMBA SANGAT MENGINGINKAN  
 KECINTAAN ALLAH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Salah satu ciri orang orang beriman adalah sangat mencintai Allah Ta’ala dalam berbagai keadaannya. Allah Ta’ala berfirman tentang bagaimana kecintaan orang orang beriman kepada-Nya : 

وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ أَشَدُّ حُبّٗا لِّلَّهِۗ

Adapun orang orang yang beriman sangat besar cintanya kepada Allah. (Q.S al Baqarah 165)

Cinta kepada Allah Ta’ala dibuktikan dengan mengutamakan segala sesuatu yang disenangi Allah di atas diri kita, jiwa dan harta kita.  Lalu ketaatan kita kepada Allah dalam kesendirian dan keramaian, kemudian kesadaran diri akan kelalaian  dalam mencintai Allah. Secara totalitas kita mencintai Allah dengan mencurahkan jiwa dan raga serta pengembaraan hati dalam upaya mencari Sang Kekasih, dengan lisan yang selalu bergerak untuk menyebut nama-Nya.

Sungguh, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan doa agar kita senantiasa mencintai Allah Ta’ala  :

وَأَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ وَحُبَّ عَمَلٍ يُقَرِّبُ إِلَى حُبِّكَ

Aku memohon kepada-Mu agar dapat mencintai-Mu, mencintai orang-orang yang mencintai-Mu dan mencintai amal yang mendekatkan diriku untuk mencinta-Mu.
Sebagai hamba kita WAJIB untuk mencintai Allah Ta’ala tetapi  yang LEBIH PENTING LAGI adalah kita harus berusaha dan sangat mengharapkan DATANGNYA KECINTAAN ALLAH.

Sungguh sangatlah banyak jalan untuk mendapatkan kecintaan Allah Ta'ala. Imam Ibnul Qayyim menyebutkan sepuluh sebab yang mendatangkan kecintaan Allah Ta’ala kepada hamba hamba-Nya. Salah satunya kata beliau adalah : Mendekatkan diri kepada Allah dengan MENGERJAKAN IBADAH SUNNAH. (Madarijus Saalikin).
 
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Allah Ta’ala berfirman : “Barangsiapa memerangi wali (kekasih)-Ku, maka Aku akan memeranginya. Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan wajib yang Kucintai. Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan-amalan sunnah SEHINGGA AKU MENCINTAINYA.

Jika Aku telah mencintainya, maka Aku akan memberi petunjuk pada pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, memberi petunjuk pada penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, memberi petunjuk pada tangannya yang ia gunakan untuk memegang, memberi petunjuk pada kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia memohon sesuatu kepada-Ku, pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti Aku melindunginya.” (H.R Imam Bukhari).

Hadits ini menjelaskan, bahwa di antara sebab yang mendatangkan kecintaan Allah adalah mengerjakan amal-amal sunnah sesudah yang wajib secara istiqamah. Dan jika Allah sudah mencintai hamba, maka Allah akan memberi petunjuk pada anggota tubuhnya. Sehingga ia akan berkata dan berbuat sesuai keridhaan-Nya.

Oleh sebab itu maka seorang hamba akan senantiasa melakukan amalan sunnah setelah amalan wajib dipenuhi. Janganlah merasa berat atau malas melakukan amalan sunnah. Sungguh ini akan mendatangkan kecintaan Allah Ta’ala. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.685)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar