Selasa, 30 Juli 2019

SHALAT BERJAMAAH DI MASJID MENDAPAT DOA DARI MALAIKAT


SHALAT BERJAMAAH DIMASJID MENDAPAT DOA 
DARI MALAIKAT

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sangatlah banyak keterangan yang tegas dari syariat bahwa laki laki shalat fardhu di masjid. Diantaranya adalah seperti berikut ini :

Pertama : Para ulama mengambil dalil tentang wajibnya shalat berjamaah (di masjid) antara lain dengan ayat 43 surat al Baqarah. Allah berfirman : 

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukuklah bersama orang yang rukuk. 
Imam Ibnu Katsir menjelaskan tentang ayat ini bahwa : Hendaklah kalian bersama orang orang beriman dalam berbagai perbuatan mereka yang terbaik. Dan yang paling utama dan sempurna dari semua itu adalah shalat. Dan banyak ulama yang menjadikan ayat ini sebagai dalil bagi diwajibkannya shalat berjamaah. (Tafsir Ibnu Katsir)

Syaikh Abdurrahman  bin Nashir as Sa’di dalam kitab Tafsirnya menjelaskan : Dan rukuklah bersama orang  yang rukuk, maksudnya shalatlah bersama orang orang yang shalat. Dalam hal ini ada suatu perintah untuk shalat berjamaah dan kewajibannya. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Kedua : Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Apa hukumnya orang yang mendengar adzan tapi tidak pergi ke masjid untuk shalat fardhu berjamaah.
Beliau menjawab : Itu tidak boleh. Yang wajib baginya adalah memenuhi seruan tersebut, berdasarkan sabda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam.

مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ يَأْتِ فَلاَ صَلاَةَ لَهُ إِلاَّمِنْ عُذْرٍ

Barangsiapa mendengar seruan adzan tapi tidak memenuhinya, maka tidak ada shalat baginya kecuali karena udzur. (H.R Hadits Riwayat Ibnu Majah, Ibnu Hibban,
al Hakim dan yang selainnya)  


Sungguh sangatlah banyak keutamaan yang akan diperoleh orang orang yang senantiasa shalat fardhu berjamaah di masjid. Satu diantaranya adalah MENDAPAT DOA DARI MALAIKAT yaitu sebagaimana hadits berikut ini :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
صَلاَةُ الرَّجُلِ فِى الْجَمَاعَةِ تُضَعَّفُ عَلَى صَلاَتِهِ فِى بَيْتِهِ وَفِى سُوقِهِ خَمْسًا وَعِشْرِينَ ضِعْفًا ، وَذَلِكَ أَنَّهُ إِذَا تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ، ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الْمَسْجِدِ لاَ يُخْرِجُهُ إِلاَّ الصَّلاَةُ ، لَمْ يَخْطُ خَطْوَةً إِلاَّ رُفِعَتْ لَهُ بِهَا دَرَجَةٌ ، وَحُطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةٌ ، فَإِذَا صَلَّى لَمْ تَزَلِ الْمَلاَئِكَةُ تُصَلِّى عَلَيْهِ مَا دَامَ فِى مُصَلاَّهُ (مَا لَمْ يُحْدِثْ)  تَقُوْلُ : اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ ، اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ . وَلاَ يَزَالُ أَحَدُكُمْ فِى صَلاَةٍ مَا انْتَظَرَ الصَّلاَةَ

Shalat seseorang dengan berjamaah dilipatgandakan daripada shalatnya di rumah dan di pasarnya dua puluh lima kali lipat. Dan hal itu apabila ia berwudhu lalu memperbagus wudhunya kemudian keluar ke masjid dengan tujuan hanya untuk shalat. Tiap ia melangkah satu langkah maka diangkatkan baginya satu derajat dan dihapuskan satu dosanya. Lalu apabila ia shalat, para malaikat akan terus mendoakannya selama ia berada di tempat shalatnya, selama ia tidak berhadats. MALAIKAT AKAN MENDOKAN : YA ALLAH SEJAHTERAKANLAH DIA, RAHMATILAH DIA. Dan ia dianggap terus menerus shalat selama ia menunggu shalat. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Ketika seseorang didoakan oleh gurunya ataupun orang shalih tentulah sangat bergembira dan senang. Nah, bagaimana kalau yang mendoakannya adalah malaikat yaitu makhluk yang sangat patuh dan tak pernah bermaksiat kepada Allah Ta’ala. Dan mendapatkan doa malaikat ternyata tidak terlalu sulit bagi orang orang yang SENANTIASA SHALAT BERJAMAAH DI MASJID yaitu sebagaimana makna hadits dari Abu Hurairah diatas.   

Oleh karena itu mari biasakan diri kita untuk shalat berjamaah di masjid yaitu untuk memenuhi perintah Allah melalui Rasul-Nya sehingga mendapat kebaikan yang berlimpah termasuk doa dari malaikat. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.704).  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar