Selasa, 24 November 2015

DAPAT RUMAH DI SURGA DENGAN DOA MASUK PASAR



DAPAT RUMAH DI SURGA DENGAN DOA MASUK PASAR

Oleh : Azwir B. Chaniago

Yang dimaksud dengan pasar adalah semua tempat yang didatangkan dan diperjual-belikan padanya berbagai macam barang dagangan yang ini mencakup pasar tradisiional, pasar modern, super market, mall, toko-toko besar dan yang lainnya yang semisal.

Ketahuilah saudaraku, bahwa pasar adalah salah satu tempat di dunia yang sangat dibenci Allah Ta’ala. Kenapa pasar dibenci Allah ?. Wallahu A’lam, barangkali karena dikebanyakan pasar sering ditemui  maksiat berupa penipuan, kebohongan bahkan sumpah palsu. Juga sering ditemukan kecurangan dalam menimbang, menakar dan yang lainnya. Dan juga terkadang ada pasar yang menjual barang barang yang haram.

Rasulullah bersabda : “Ahabbul bilaadi ilallahi masaajiduhaa, wa abghadhul bilaadi ilallahi aswaaquhaa”. Tempat yang paling dicintai Allah adalah masjid dan tempat yang paling dibenci Allah adalah pasar. (H.R Imam Muslim).

Oleh karena itu Rasulullah mengingatkan umatnya agar berdoa sebelum masuk pasar sehingga bisa terjauh dari keburukan keburukan yang ada di dalamnya.   Membaca doa ketika masuk pasar mungkin masih asing bagi kebanyakan  orang di zaman ini. Pada hal Rasulullah telah mengajarkan umatnya agar senantiasa membaca doa sebelum masuk pasar. 

Ternyata membaca doa masuk pasar memberikan nilai yang sangat agung bagi yang melazimkannya. Diantaranya adalah mendapat banyak kebaikan, dihilangkan banyak keburukan dan akan dibangunkan rumah baginya di surga

Ini adalah sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah : “Barang siapa membaca doa ketika masuk pasar dengan doa : Laa ilaaha ilallah wahdahu laa syariikalah, lahul mulku walahul hamdu, yuhyii wa yumiit wa huwa hayyun laa yamuut, biyadihil khair wa huwa ‘ala kulli  syai-in qadiir, maka Allah akan menuliskan baginya sejuta kebaikan dan menghapuskan darinya sejuta keburukan serta Allah bangunkan untuknya rumah di surga. (H.R at Tirmidzi dan Ibnu Majah, dihasankan oleh Syaikh al Albani).

Dalam Faidhul Qadiir antara lain disebutkan bahwa :  Pasar adalah tempat berjual beli dan tempat yang melalaikan orang dari mengingat Allah Ta’ala karena kesibukan mengurus perdagangan, maka di sanalah tempat berkumpulnya setan dan bala tentaranya, sehingga orang yang berzikir di tempat seperti itu berarti dia telah memerangi setan dan tentaranya, maka pantaslah jika dia mendapat pahala dan keutamaan besar yang tersebut dalam hadits di atas

Imam ath-Thiibi berkata, “Barangsiapa yang berzikir kepada Allah (ketika berada) di pasar maka dia termasuk ke dalam golongan orang-orang yang Allah Ta’ala berfirman tentang keutamaan mereka : “Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingat Allah, mendirikan shalat, dan membayarkan zakat. Mereka takut pada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang. (Mereka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberi balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. Dan Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas” (Q.S an-Nuur 37-38).

Kita bermohon kiranya Allah Ta’ala memberi kekuatan kepada kita untuk melazimkan doa ini. Insya Allah bermanfaat.

Wallahu A’lam. (472)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar