Jumat, 27 Maret 2015

TIDAK DIPERTENTANGKAN PARA AHLI



TIDAK DIPERTENTANGKAN PARA AHLI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Dalam hidup ini manusia cenderung untuk mempertentangkan berbagai hal. Mulai dari hal hal yang sepele sampai kepada hal hal yang besar. Namun demikian ada hal yang tidak dipertentangkan. 

Diantaranya adalah sebagaimana  Imam Wahb bin Munabbih berkata kepada orang orang dalam majlisnya : Maukah engkau aku ajarkan tiga perkara yang tidak akan dipertentangkan oleh para ahlinya. Mau ya Syaikh. Baiklah akan aku jelas kepada kalian :

Pertama : Ilmu pengobatan yang tidak dipertentangkan ahli pengobatan ialah janganlah engkau makan kecuali dengan menyebut basmalah pada permulaannya dan memuji Allah setelahnya. 
 
Kedua : Pemahaman yang tidak dipertentangkan oleh ahli fiqih ialah jika engkau ditanya tentang sesuatu yang engkau memiliki ilmu tentangnya maka jawablah. Jika engkau tidak mengetahui maka katakanlah ‘aku tidak tahu’. (jangan asal jawab, pen.)

Ketiga : Kelemah lembutan yang tidak dipertentangkan orang orang yang lemah lembut ialah jika kalian memperbanyak diam kecuali jika engkau ditanya sesuatu.

Dari Kitab az Zuhd, Imam Ahmad bin Hambal.

Wallahu A’lam.   (249)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar