Minggu, 08 Maret 2015

LUPA DIRI PALING BERBAHAYA



 LUPA DIRI PALING BERBAHAYA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Manusia memang memiliki sifat lupa. Ada yang kadang kadang lupa tapi ada pula  yang sering lupa.  Tidak ada manusia yang tidak pernah lupa. Bahkan Rasulullah juga pernah lupa dalam shalat sehingga melahirkan petunjuk sujud sahwi. 

Tapi ketahuilah bahwa ada lupa yang perlu diwaspadai dan tidak ditolerir karena akan membahayakan terhadap dunia dan akhirat seseorang. Diantaranya adalah :

Pertama : Lupa bahwa dia berasal dari mana dan tujuannya mau kemana.
Kedua : Lupa bahwa dia adalah hamba Allah dan harus beribadah kepadaNya.
Ketiga :Lupa bahwa dia akan mati dan harus mempertanggung tanggung jawabkan apa yang dilakukan semasa hidup.
Keempat : Lupa bahwa dia punya musuh yaitu syaithan.
Kelima : Lupa bahwa dia hanya menyuruh orang lain berbuat baik tapi dia sendiri tidak melakukannya.

Lalu kenapa sebagian manusia lupa, diantaranya adalah :

Pertama : Kerena memang memiliki penyakit lupa  sehingga banyak  lupa daripada ingat. Ataupun karena usia lanjut sehingga sebagian syaraf otak sudah melemah.

Kedua : Karena gangguan syaithan yang selalu ingin menyesatkan manusia. Lalu syaithan membuatnya lupa. Terkadang lupa rakaat shalat apakah sudah dua atau tiga.

Ketiga : Karena lalai memperhatikan sesuatu. Seperti  sebagian orang yang memiliki cukup banyak hafalan al Qur an tetapi karena lama tidak diperhatikan, tidak di murajah maka jadi lupa. 

Keempat : Karena dosa dan maksiat yang selalu dilakukan maka dia bisa dibuat lupa kepada kebaikan sebagai hukuman atas dosa dosanya.

Ketahuilah saudaraku bahwa lupa yang paling parah pada manusia adalah   lupa diri yaitu  karena mereka melupakan Allah. Sungguh Allah telah berfirman : “Walaa takuunuu kalladzina nasullaha fa-ansaahum anfusahum, Ulaaika humul faasiquun. Dan janganlah kamu seperti orang orang yang lupa kepada Allah, sehingga Allah menjadikan mereka lupa kepada diri mereka sendiri. Mereka itulah orang orang yang fasik (Q.S al Hasyr 19) 
 
Wallahu A’lam. (230)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar