Kamis, 05 Maret 2015

MENGENALI MUSUH



MENGENALI MUSUH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Seorang Muslim selalu menginginkan dan berusaha untuk mendapatkan kebaikan bagi dunia dan akhiratnya. Allah melalui Rasulnya telah mengajarkan doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca pada setiap kesempatan yaitu. “Rabbana aatinaa fid dun-ya hasanah, wafil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaaban naar”   Ya Rabb kami berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari adzab neraka. (Q.S al Baqarah 201)

Sungguh untuk mencapai kebaikan itu ada banyak musuh yang selalu menghadang. Syaikh al Jibrin, menjelaskan diantara  musuh seorang muslim itu adalah :

Pertama : Syaithan yang dengan berbagai cara mengajak manusia kepada keburukan. Dan sedikit yang bisa selamat dari musuh yang benama syaithan ini, kecuali orang orang mukmin yang ikhlas.

Kedua : Hawa nafsu yang selalu mengajak kepada keburukan dan menghalangi manusia untuk menerima kebenaran. 

Ketiga : Menjadikan hawa nafsu sebagai sesembahan selain Allah. Seorang yang selalu memperturutkan semua kemauan  maka dia akan jatuh kepada kekuasaan hawa nafsunya. Ini sangatlah berbahaya bagi keselamatan dunia dan akhiratnya.

Keempat : Gemerlap dunia dengan segala perhiasannya adalah termasuk musuh bagi manusia. Sungguh keindahan dunia dan berbagai kenikmatan yang semu telah banyak menjerumuskan manusia sehingga lupa dengan tujuan hidupnya yang hakiki. 

Semoga Allah memberi kekuatan kepada kita untuk selalu mengenali musuh musuh kita dan menghindari dari bahaya yang ditimbulkannya.  

Wallahu A’lam.  (225)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar