Selasa, 28 Februari 2023

UMUR SUDAH LANJUT BELUM BISA MEMBACA AL QUR AN ?.

 

UMUR SUDAH LANJUT BELUM BISA MEMBACA AL QUR AN ?.

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh al Qur an  adalah PETUNJUK PALING UTAMA bagi manusia untuk mendapat keselamatan hidupnya di dunia dan di akhirat. Allah Ta’ala berfirman :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ

Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan al Qur an, sebagai PETUNJUK BAGI MANUSIA dan penjelasan penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil). Q.S al Baqarah 185.

Ketahuilah bahwa petunjuk al Qur an yang demikian sempurna tak akan diperoleh seorang hamba jika tak membaca dan mempelajarinya. Oleh karena itu adalah menjadi  kewajiban  bagi hamba hamba Allah untuk selalu dan terus menerus berinteraksi atau memelihara hubungan dirinya  SECARA SERIUS dengan al Qur an  sepanjang hidupnya. Jangan menjadi orang yang lalai.

Sungguh, di zaman ini memang masih ada saudara saudara kita yang   telah berumur lanjut tetapi TAK BISA MEMBACA AL QUR AN. Orang orang ini patut dikasihani. Jangan sekali kali mencelanya. Berilah nasehat kalau mungkin dan ada kesempatan. Dan setidaknya doakan mereka agar mendapat taufik untuk mempelajari membaca  al Qur an meskipun sudah lanjut usianya.

Wahai saudaraku yang belum bisa membaca al Qur an segeralah belajar membaca al Qur an. Jangan ditunda tunda lagi. Waktu masih ada meskipun tinggal sedikit. Sungguh sangat merugi jika seseorang sampai wafat tak bisa membaca kitab sucinya.

Mungkin ada yang mengatakan bahwa sudah sulit belajar membaca al Qur an karena umur  sudah lanjut. Saudaraku, jika engkau sungguh sungguh ingin belajar membaca al Qur an bersegeralah insya Allah bisa. Yang paling penting bisa membaca dengan benar. Tidak harus hebat seperti para qari atau qariah. Mohonlah pertolongan kepada Allah Ta'ala melalui doa. Sungguh ketika seorang hamba ingin melakukan sesuatu kebaikan Allah Ta'ala akan memudahkan jalannya. Yakinlah.

Saudaraku, ketahuilah bahwa Allah Ta'ala yang menjamin bahwa al Qur an itu mudah dan dimudahkan untuk dipelajari. Perkara ini dijelaskan Allah Ta'ala sampai empat kali dalam redaksi yang sama di surat al Qamar  pada ayat ke 17, 22, 32 dan 40 yaitu :

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا ٱلْقُرْءَانَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran ?.

Tentang ayat ini, dalam kitab Tafsir al Muyassar disebutkan : Dan sungguh Kami telah memudahkan lafazh al Quran untuk dibaca dan dihafal, begitu juga makna maknanya untuk direnungkan yaitu bagi orang yang mau mengambil pelajaran dan ibrah, maka apakah ada orang yang mengambil pelajaran ?. (Departmen Agama Saudi Arabia).

Saudaraku, ketahuilah bahwa sungguh, orang orang beriman memiliki kewajiban utama terhadap al Qur an, yaitu : (1) Belajar membacanya dan terus membacanya. (2) Berusaha memahami makna makna-nya. (3) Mengamalkan perintah dan menjauhi larangannya. (4) Mengajarkannya sesuai kesempatan, dan (5) Berusaha menghafalnya sesuai kemampuan.

Wallahu A'lam. (2.936)

 

 

 

   

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar