Kamis, 09 Februari 2023

ORANG ORANG YANG PERLU DIKASIHANI KETIKA RAMADHAN DATANG

 

ORANG  ORANG YANG PERLU DIKASIHANI KETIKA RAMADHAN DATANG

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Allah Ta'ala mendatangkan Ramadhan setiap tahunnya kepada kita bukan dimaksudkan agar kita berlapar lapar. Tidak makan dan minum sekitar 14 jam. Tetapi sungguh  adalah  karena kasih sayang Allah Ta'ala  yang demikian besar bagi hamba hamba-Nya.  Kenapa dikatakan demikian ?. Perhatikanlah saudaraku :

Pertama : Selama ini, diluar bulan Ramadhan  kita  banyak dosa, banyak melakukan maksiat. Dalam satu hadits qudsi disebutkan :

يَا عِبَادِى إِنَّكُمْ تُخْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ

Wahai hamba hamba-Ku  kalian semuanya melakukan kesalahan pada malam dan siang hari. H.R Imam Muslim).

Dengan datangnya bulan Ramadhan kita bisa mendapat banyak kesempatan yang sangat baik  untuk minta ampun dan bertaubat dan doa doa orang yang berpuasa lebih mudah diijabah oleh Allah Ta'ala.

Bahkan dengan berpuasa di bulan Ramadhan insya Allah dosa dosa kita diampuni. Sungguh Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  bersabda : 

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (H.R Imam Bukhari  dan Imam Muslim, dari Abu Hurairah).

Kedua : Selama ini, diluar Ramadhan amal ibadah kita masih sangat sedikit. Shalat malam kita masih jarang. Puasa sunnah kita pun juga belum sepenuhnya.

Oleh karenanya  Allah datangkan Ramadhan sehingga kita dapat kesempatan untuk beribadah lebih banyak.  Dan dengan kasih sayang Allah Ta'ala pula  maka  pahala amal ibadah  kita di bulan Ramadhan ini dilipat   gandakan. Bahkan pada bulan Ramadhan kita diberi lailatul qadr, sehingga kita diberi kesempatan untuk meraih pahala ibadah satu malam lebih baik dari pahala ibadah seribu bulan.

Oleh sebab itu orang orang beriman senantiasa menunggu dan berdoa agar bisa dipertemukan dengan Ramadhan. Diantara doa yang bisa kita amalkan adalah doa yang diriwayatkan oleh Yahya bin Abi Katsir,  seorang ulama dari kalangan tabi’in, bahwa sebagian sahabat ketika mendekati datangnya Ramadhan mereka berdoa : 

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan. (Lathaif Al-Ma’arif)

Ketika  masuk bulan Ramadhan maka orang orang beriman SANGATLAH GEMBIRA LALU BERSEGERA DAN BERSEMANGAT melakukan amal yang disyariatkan.

Cuma saja ketika bulan Ramadhan datang ada saudara saudara kita YANG PERLU DIKASIHANI karena tak berusaha sedikitpun untuk mengambil MANFAAT DARI RAMADHAN. Mereka adalah :

Pertama : Kelompok orang orang   yang sejak Ramadhan datang dan berlalu lagi, keadaan mereka sama saja. Sebelum, sesudah Ramadhan atau pada saat Ramadhan baginya sama saja. Mereka tidak terpengaruh oleh kehadiran Ramadhan.

Tidak ada rasa senang untuk bersegera melakukan kebaikan dan amal amal shalih serta memohon ampun . Sunguh mereka adalah orang orang yang menyia nyiakan waktu,  kesempatan dan  keuntungan yang besar. Semestinya seorang muslim akan lebih semangat untuk beribadah terutama pada waktu waktu yang banyak kebaikan dan pahala yang berlipat ganda di dalamnya.

Kedua : Kelompok orang orang yang  seolah olah tidak  mengenal Allah Ta'ala  pada bulan Ramadhan dan tidak pula pada bulan lainnya. Mereka ini adalah kelompok yang  buruk dan membahayakan dirinya sendiri.

Mereka tidak memperhatikan shalat, puasa dan ibadah lain yang diwajibkan kepadanya. Mereka meninggalkan kewajiban itu secara sengaja meskipun dihatinya tidak mengingkari bahwa semua itu adalah kewajiban dalam rangka taqarrub dan bersyukur kepada Allah Ta’ala. 

Kepada saudara sudara kita yang termasuk kelompok semacam ini maka SANGATLAH BAIK JIKA : (1) Didoakan agar dapat hidayah untuk bersegera memohon ampun dan meninggalkan kelakuan buruknya. (2)  Diberi nasehat. Ajak mereka untuk  : Bersegera  kembali kepada agama  yang lurus. Ajak mereka untuk melipat lembaran hidup yang lalu. Katakan kepada mereka bahwa sungguh Rabb kita Maha Penyayang kepada hamba hamba-Nya  yang  bertaubat dan mentaati-Nya.

Wallahu A'lam. (2.906)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar