Rabu, 08 Februari 2023

AL QUR AN MENOLONG SAHABATNYA DI HARI KIAMAT

 

AL QUR AN MENOLONG SAHABATNYA DI HARI KIAMAT

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Suasana atau keadaan yang sangat dahsyat dan betul betul mengerikan akan terjadi pada Hari Kiamat kelak. Bagaimana dahsyatnya sulit dibayangkan. Tetapi setiap orang akan lari dari saudaranya, dari anaknya, dari ayah dan ibunya. Allah Ta'ala menjelaskan dalam firman-Nya :

فَإِذَا جَاءَتِ الصَّاخَّةُ يَوْمَ يَفِرُّ الْمَرْءُ مِنْ أَخِيهِ وَأُمِّهِ وَأَبِيهِ وَصَاحِبَتِهِ لِكُلِّ امْرِئٍ مِنْهُمْ يَوْمَئِذٍ شَأْنٌ يُغْنِيهِ 

Maka apabila datang suara yang yang memekkan (tiupan sangka kala kedua). Pada hari itu manusia lari dari saudaranya dan dari ibu dan bapaknya dan dari istri dan anak anaknya. Setiap orang dari mereka pada hari itu mempunyai urusan yang menyibukkannya.

Syaikh as Sa'di berkata :  Maknanya adalah  bila teriakan Hari Kiamat tiba, yang memecahkan telinga karena huru-haranya dan menggetarkan jiwa pada hari itu karena huru-hara yang disaksikan, serta amat memerlukannya manusia pada amal perbuatannya terdahulu.

Seseorang akan lari meninggalkan orang yang paling mulia baginya dan yang paling disayanginya. Seseorang akan lari meninggalkan saudara, ibu, ayah, istri, dan anaknya. Hal itu terjadi karena “setiap orang dari mereka pada hari itu mempunyai urusan yang cukup menyibukkannya,” yakni disibukkan oleh diri sendiri dan sibuk untuk membebaskan dirinya, sehingga ia tidak bisa beralih pada yang lain. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Pada keadaan YANG BENAR BENAR MENCEKAM DAN SANGAT SULIT sebenarnya semua  tentu ingin mendapat pertolongan dari  ayah ibunya, anak anaknya dan orang orang yang pernah dibantunya di dunia dan juga sahabat sahabatnya di dunia. Tetapi itu sesuatu yang tidak mungkin karena keadaan yang begitu berat.

Namun demikian ternyata ada sahabat yang BISA MEMBERI PERTOLONGAN YAITU AL QUR AN. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

عن أَبي أُمامَةَ رضي اللَّه عنهُ قال : سمِعتُ رسولَ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم يقولُ : « اقْرَؤُا القُرْآنَ فإِنَّهُ يَأْتي يَوْم القيامةِ شَفِيعاً لأصْحابِهِ

Dari Abu Amamah radhiallahu 'Anhu,  aku mendengar Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda : Bacalah al Qur’an, karena sesungguhnya ia akan memberi syafaat bagi para sahabatnya (pembacanya) di hari Kiamat. (H.R Imam Muslim).

Syaikh Salim bin 'Ied al Hilali berkata : Kandungan hadits ini adalah : (1) Anjuran untuk banyak membaca al Qur an dan tidak menyibukkan diri dengan sesuatu yang dapat melalaikannya. (2) Allah Ta'ala menjadikan al Qur an sebagai syafaat atau penolong bagi para pemiliknya yaitu orang yang (dahulu) di dunia membaca dan mengamalkannya. (Syarah Riyadush Shalihin).

Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

عن النواس بن سمعان رضي الله عنه قال: سمعتُ رسولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يقولُ :

يُؤتى يوم القيامة بالقرآن وأهلِه الذين كانوا يعملون به في الدنيا، تَقْدُمُه سورةُ البقرة وآلِ عمران، تُحاجَّانِ عن صاحِبِهِما

Dari an-Nawwas bin Sam'an raḍiyallahu 'anhu, ia berkata, Aku mendengar Rasulullah -ṣallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Pada hari Kiamat, Al Qur an akan didatangkan dan juga para ahli Al-Quran, yaitu orang-orang yang mengamalkannya di dunia. Di depannya ada surat Al-Baqarah dan Ali 'Imrān, keduanya menjadi pembela bagi (sahabatnya)  orang yang membacanya. (H.R Imam Muslim).

Oleh karena itu hamba hamba Allah hendaklah senantiasa dan terus menerus berusaha membaca al Qur an  dan mentadaburinya. Insya Allah akan mendapat syafaat dengan bacaan al Qur annya. Wallahu A'lam. (2.904).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar