Minggu, 26 Februari 2023

ILMU DAN AMAL SHALIH DILANDASI IMAN MENDATANGKAN KESELAMATAN

 

ILMU DAN AMAL SHALIH DILANDASI IMAN MENDATANGKAN KESELAMATAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Kita semua paham betul  bahwa di negeri akhirat itu hanya ada dua tempat, yakni surga atau neraka. Tidak ada tempat ketiga. Jadi bila seseorang TAKUT masuk neraka maka berarti dia ingin dengan selamat masuk surga.

Yang akan masuk surga bukanlah orang yang sekedar ingin dan sekedar berucap di lisannya : Kami ingin masuk surga. Kami takut terhadap neraka. Sungguh hal ini harus dibuktikan dengan ketaatan.

Ketahuilah bahwa untuk menjadi orang yang taat setidaknya haruslah menjaga dua hal pokok yaitu memiliki ilmu tentang syariat dan melakukan amal shalih yang dilandasi iman. Harus dua duanya. Ya berilmu, ya beramal shalih.  

Pertama :  Memiliki ilmu.

Berilmu dulu baru beramal. Jangan sekali kali beramal tanpa ilmu. Dengan ilmu maka seseorang mengetahui jalan jalan yang harus ditempuh untuk bisa beramal dengan benar dan baik. Tidak cukup dengan sekedar niat baik saja, apalagi mengikuti hawa nafsu. Beramal haruslah mengikuti tuntunan.

Mestilah mengetahui mana perintah yang harus dilakukan dan mana larangan yang harus dijauhi.  Jika beramal tanpa ilmu maka bisa bisa jatuh kepada kesesatan atau menyelisihi Rasulullah, maka amalnya tertolak. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  bersabda :

مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْه ِأَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

Barang siapa  beramal yang tidak ada perintahnya dari kami maka amalannya tertolak. (H.R Imam Muslim).

Selain itu, sungguh Allah Ta'ala telah mengingatkan orang orang yang menyelisihi Rasulullah Salallahu 'Alaihi Wasallam, dalam firman-Nya :

فَلْيَحْذَرِ ٱلَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِۦٓ أَن تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Maka hendaklah orang orang yang menyelisihi perintah Rasul, takut akan ditimpa fitnah atau azab yang pedih. (Q.S an Nur 63).

Kedua : Melakukan amal shalih.

Setelah memiliki ilmu yang benar tentang syari’at dan batasan batasannya sesuai yang diajarkan Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam dan dipahami serta dipraktekkan oleh para sahabat maka segeralah melakukan amal shaleh  dan tetap menjaga  ketaatan. Allah Ta'ala  berfirman :  

مَّن يُطِعِ ٱلرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ ٱللَّهَ ۖ

Barangsiapa yang mentaati Rasul sungguh dia telah mentaati Allah. (Q.S an Nisaa’ 80)

Sungguh, jika seseorang melakukan amal shalih dengan dilandasi iman serta ilmu yang benar maka dia menjadi hamba yang taat insya Allah dan akan mengantarkannya kepada keselamatan di dunia dan akhirat.  

Wallahu A'lam. (2.931).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar