Selasa, 07 Februari 2023

BERAT MENJAWAB DI KUBUR MESKIPUN SUDAH TAHU YANG AKAN DITANYAKAN

 

BERAT MENJAWAB DI KUBUR MESKIPUN SUDAH TAHU YANG AKAN DITANYAKAN

Disusun leh : Azwir B. Chaniago

Ketika seseorang akan di wawancara di stasiun televisi, biasanya materi pertanyaan telah diberikan lebih dahulu. Dengan begitu maka saat wawancara  bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan lancar.

Begitu juga ketika seorang pelajar akan mengikuti ujian dalam satu mata pelajaran. Jika dia mendapat bocoran atau paling tidak mendapat kisi kisi materi soal soal ujian maka akan lebih mudah baginya untuk menjawab soal soal ujiannya dengan benar.

Ketahuilah bahwa di kubur atau di alam barzakh manusia juga harus menjawab pertanyaan. Pertanyaan itu hanya tiga sebagaimana dimaksud dalam sabda Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam :

فِى الْقَبْرِ إِذَا قِيلَ لَهُ مَنْ رَبُّكَ وَمَا دِينُكَ وَمَنْ نَبِيُّكَ

Di dalam kubur akan ditanyakan : (1)  Siapa Rabbmu. (2) Apa agamamu dan (3) Siapa Nabimu. (H.R Imam Bukhari, Imam Muslim dan juga at Tirmizi. At Tirmizi mengatakan bahwa hadits ini Hasan Shahih).

Sewaktu di dunia kita sudah dapat bocoran tentang pertanyaan yang harus kita jawab  di alam kubur. Dengan begitu mestinya bisa mudah menjawabnya. Tetapi sungguh TIDAKLAH MUDAH MENJAWAB TIGA PERTANYAAN ITU. Apalagi bagi orang orang yang banyak berbuat dosa dan maksiat, orang munafik apalagi orang kafir.

Tetapi sungguh bagi orang orang yang beriman maka Allah Ta'ala akan meneguhkan hati mereka dengan ucapan yang teguh. Allah Ta'ala berfirman :

يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الآخِرَةِ وَيُضِلُّ اللَّهُ الظَّالِمِينَ وَيَفْعَلُ اللَّهُ مَا يَشَاءُ

Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat, dan Allah menyesatkan orang-orang yang dzalim dan (Allah) memperbuat apa yang Dia kehendaki. (Q.S Ibrahim: 27).

Syaikh as Sa'di berkata : Allah Ta'ala memberi tahukan bahwa Dia meneguhkan (hati) para hamba-Nya yang beriman. Yaitu orang orang yang melaksanakan kewajiban mereka berupa keimanan hati yang sempurna, yang berkonsekwensi pelaksanaan amalan amalan fisik dan mengembangkannya.

Syaikh menambahkan : Sedangkan di alam kubur nanti, saat menghadapi pertanyan dua malaikat (maka Allah Ta'ala meneguhkannya) dengan (memudahkannya untuk) menjawabnya dengan JAWABAN YANG BENAR ketika ditanyakan kepada mayit : Siapa Rabb-mu ?. Apa agama-mu ?. Dan siapakah Nabi-mu ?.

Allah Ta'ala memberi anugerah kepada mereka (orang orang yang beriman ini) untuk menjawab  dengan benar yaitu : Allah Rabb-ku, Islam agama-ku dan Muhammad Nabi-ku. (Tafsir Karimir Rahman).

Jadi materi pertanyaan di alam kubur serta jawabnya sudah kita ketahui di dunia tetapi SANGATLAH BERAT untuk bisa menjawabnya di alam kubur kecuali bagi orang orang  beriman yang Allah teguhkan hatinya.

Oleh karena itu hamba hamba Allah tetaplah menjaga iman agar tetap kokoh dan melengkapinya dengan amal amal shalih yang disyariatkan agar mudah menjawab pertanyaan di alam kubur. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua.  Wallahu Alam. (2.903).

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar