Sabtu, 11 Februari 2023

NIKMAT KUBUR DATANG SETELAH MENJAWAB PERTANYAAN DENGAN BENAR

 

NIKMAT KUBUR DATANG SETELAH MENJAWAB PERTANYAAN DENGAN BENAR

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Ketika mayit telah dibaringkan di dalam kubur dan para pengantar telah meninggalkannya, maka malaikat Munkar dan Nakir segera mendatanginya. Keduanya akan memberi pertanyaan di alam kubur yang harus dijawab oleh semua manusia. Pertanyaan tersebut adalah sebagaimana diriwayatkan dalam sabda Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam :

فِى الْقَبْرِ إِذَا قِيلَ لَهُ مَنْ رَبُّكَ وَمَا دِينُكَ وَمَنْ نَبِيُّكَ

Di dalam kubur akan ditanyakan : (1)  Siapa Rabbmu. (2) Apa agamamu dan (3) Siapa Nabimu. (H.R Imam Bukhari, Imam Muslim dan juga at Tirmizi. At Tirmizi mengatakan bahwa hadits ini Hasan Shahih).

Setelah si mayit menjawab pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir dengan lurus dan benar maka nikmat kubur mulai mendatanginya. Dari Bara’ bin ‘Azib, dia berkata, Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda tentang orang orang beriman yang apabila telah menjawab pertanyaan dua Malaikat di alam kuburnya, maka :

فَيُنَادِي مُنَادٍ مِنَالسَمَاءِ أنْ قَدْ صَدَقَ عَبْدِي فَأَفْرِ شُوهُ مِنْ الْجَنَّةِ وَافْتَحُوا لَهُ بَابًا إِلَى الْجَنَّةِ وَأَلْبِسُوهُ مِنْ الْجَنَّةِ قَالَ فَيَأْتِيهِ مِنْ رَوْحِهَا وَطِيبِهَا وَيُفْتَحُ لَهُ فِيهَا مَدْ بَصَرِهِ

Terdengarlah suara yang memanggil dari langit : Sesungguhnya hamba-Ku telah berkata jujur. Maka hamparkanlah kepadanya hamparan dari surga. Pakaikan kepadanya pakaian dari surga dan bukakan baginya pintu menuju surga !. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam melanjutkan sabdanya : Maka sampaikan kepadanya keharuman bau surga serta dilapangkan kuburnya sejauh mata memandang. (H.R Imam Ahmad dan Abu Dawud, dalam satu hadits yang panjang).    

Selain itu, diantara nikmat kubur adalah dibukakan pula baginya satu celah kearah surga   sebagaimana yang dikabarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam :

 ثُمَّ يُفْرَجُ لَهُ قِبَلَ اْلجَنَّةِ فَيَنْظُرُ إِلىَ زَهْرَتِهَا وَ مَا فِيْهَا فَيُقَالُ لَهُ: هَذَا مَقْعَدُكَ وَ يُقَالُ لَهُ: عَلىَ اْليَقِيْنِ كُنْتَ وَ عَلَيْهِ مُتَّ و عَلَيْهِ تُبْعَثُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Lalu dibukakan untuknya satu celah ke arah surga maka ia melihat hiasan dan segala isinya. Dikatakan kepadanya : Inilah tempatmu, di atas keyakinan ini engkau dahulu berada, di atasnya pula engkau mati dan di atasnya pulalah engkau akan dibangkitkan Insyaa Allah. (H.R Ibnu Majah  dan Imam  Ahmad, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Ketahuilah bahwa nikmat kubur sebagaimana disebutkan dalam dua hadits diatas akan didapat oleh si mayit sampai datang hari Kiamat. Oleh karena itu hamba hamba ketika masih berada di dunia hendaklah selalu menjaga dan memelihara amal shalih sesuai syariat, dengan landasan iman sehingga menjadi orang yang beruntung yaitu mampu menjawab pertanyaan di alam kubur dengan benar. Wallahu A'lam. (2.909)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar