Sabtu, 04 Februari 2023

BERSEMANGATLAH MERAIH KEUTAMAAN LAILATUL QADAR

 

BERSEMANGATLAH MERAIH KEUTAMAAN LAILATUL QADAR

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Salah satu tanda kasih sayang Allah Ta'ala kepada hamba hamba-Nya adalah diturunkan-Nya satu malam yang sangat utama di setiap bulan Ramadhan yaitu LAILATUL QADAR. Sungguh lailatul qadar merupakan malam yang keutamaannya lebih baik dari seribu bulan. Allah Ta'ala berfirman :

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ    وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ

Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu. Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. (Q.S al Qadr 2-3).

Imam Mujahid, salah satu murid Ibnu Abbas berkata : Bahwa  menghidupkan lailatul qadar dan beramal di dalamnya adalah lebih baik dari seribu bulan. Dengan kata lain, PAHALA MENGHIDUPKAN LAILATUL QADAR lebih baik dari pahala beribadah selama seribu bulan. (Ibnu Jauzi, at Tadzkirah).

Tentang ayat 3 surat al Qadr ini, Syaikh Abdurrahman bin Nashir as Sa’di berkata : (“Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan”). Yakni keutamaannya MENYAMAI SERIBU BULAN. Amal yang dilakukan pada malam itu lebih baik dari amal yang dikerjakan selama seribu bulan penuh. Inilah salah satu hal YANG MEMBUAT ORANG BERAKAL TERKESIMA DAN TERCENGANG karena Allah Ta’ala memberi karunia pada umat yang lemah ini berupa kekuatan dan daya DALAM SATU MALAM. 

Dimana amal yang dikerjakan pada malam itu nilainya sama BAHKAN LEBIH DARI AMALAN SERIBU BULAN. Sementara seseorang paling paling diberi usia panjang selama 80 tahun sekian. (Tafsir Taisir Karimir Rahman). 

Sungguh, kita umat Muhammad Salallahu ‘alaihi Wasallam diberi Allah Ta’ala umur yang tidak panjang. Nabi Sallahu ‘alaihi Wasallam menjelaskan dalam sabda beliau :

أَعْمَارُ أُمَّتِـي مَا بَيْنَ السِّتِّيْنَ إِلَى السَّبْعِيْنَ وَأَقَلُّهُمْ مَنْ يَجُوزُ ذَلِكَ

Umur-umur umatku antara 60 hingga 70, dan sedikit dari mereka yang melebihi itu. (H.R at Tirmidzi, dari Abu Hurairah).

Dengan umur yang pendek itu maka hakikatnya kita umat Muhammad tak bisa beribadah  banyak seperti umat terdahulu karena umat terdahulu umurnya panjang sampai ratusan tahun. Sungguh, ketika Allah Ta'ala menurunkan lailatul qadar maka kita umat Muhammad jika bisa meraih satu kali saja lailatul qadar dalam hidup ini maka ibadah kita bisa menjadi lebih panjang dari umur kita.

Apalagi ketika seseorang dapat lima kali lailatul qadar dalam hidupnya maka dia tercatat beribadah lebih dari 400 tahun meskipun umurnya sekitar 60 atau 70 tahun saja.

Ketahuilah bahwa lailatul qadar itu waktunya  dirahasiakan oleh Allah Ta'ala. Tetapi Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam ada memberikan pedoman atau perkiraan turunnya lailatul qadar, sebagaimana sabda beliau yaitu berdasarkan hadits Aisyah radhiyallahu ‘anha, dia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dan beliau bersabda :

تَحَرَّوْا وفي رواية : الْتَمِسُوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِيْ الْوِتْرِ مِنْ الْعَشْرِ

Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Oleh karena itu, hamba hamba Allah hendaklah berusaha keras dan  bersemangat  untuk bisa meraih lailatul qadar di Ramadhan tahun ini dan tahun tahun berikutnya selagi ada umur yaitu DENGAN MENGHIDUPKAN 10 MALAM TERAKHIR RAMADHAN DAN MENGISINYA DENGAN AMAL AMAL TERBAIK YANG DISYARIATKAN. 

 Insya Allah ada manfaatnya untuk kita semua. Wallahu A'lam. (2.900)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar