Senin, 13 Februari 2023

RIDHA ALLAH MENDATANGI HAMBA YANG BERSYUKUR DAN MEMUJI-NYA

 

RIDHA ALLAH MENDATANGI HAMBA YANG BERSYUKUR DAN MEMUJI-NYA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, SETIAP HAMBA ALLAH WAJIB MEYAKINI DENGAN SEYAKIN YAKINNYA bahwa semua nikmat adalah dari Allah Ta'ala datangnya, bukan dari selain-Nya. Allah Ta'ala berfirman :

وَمَا بِكُم مِّن نِّعْمَةٍ فَمِنَ ٱللَّهِ ۖ ثُمَّ إِذَا مَسَّكُمُ ٱلضُّرُّ فَإِلَيْهِ تَجْـَٔرُونَ

Dan segala nikmat yang ada padamu (datangnya) dari Allah. (Q.S an Nahl 53).

Dan sangatlah banyak nikmat itu baik jumlahnya maupun jenisnya sehingga kita tidak akan pernah mampu menghitungnya. Allah Ta'ala  berfirman  : 

وَإِن تَعُدُّوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ لَا تُحْصُوهَآ ۗ  

Dan jika kalian menghitung nikmat Allah maka engkau tidak akan mampu menghitungnya. (Q.S Ibrahim 34).

Terhadap nikmat nikmat itu Allah Ta'ala memerintahkan manusia untuk berterima kasih (baca : bersyukur). Bersyukur hukumnya wajib bagi setiap muslim. Allah Ta'ala berfirman

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah)  ketika Rabbmu memaklumkan sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti  Kami menambah (nikmat) kepadamu. Dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya adzab-Ku amat pedih. (Q.S Ibrahim 7).

Imam Ibnu Katsir  menjelaskan : Bahwa maksud  ayat ini adalah PERINTAH untuk bersyukur dan diiringi dengan ancaman jika tidak bersyukur. (Tafsir Ibnu Katsir).

Sungguh SANGATLAH BANYAK keutamaan dan kebaikan yang diperoleh hamba hamba yang selalu bersyukur dan memuji Allah Ta'ala, diantaranya adalah MENDATANGKAN RIDHA ALLAH TA'ALA :

 Pertama : Allah Ta'ala berfirman :

وَإِن تَشْكُرُوا۟ يَرْضَهُ لَكُمْ ۗ

Dan jika kamu bersyukur niscaya Dia MERIDHAI BAGIMU kesyukuranmu. (Q.S az Zumar 7).

Syaikh as Sa’di menjelaskan  makna bersyukur kepada Allah Ta’ala yakni : Hati kita mengenal semua nikmat datangnya hanya dari Allah, menyebutnya dengan lisan yaitu memuji-Nya dan menggunakan semua nikmat Allah untuk mencari ridhanya. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Kedua : Sungguh, Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam mengajarkan kita semua jika  selesai makan dan minum hendaklah memuji Allah Ta’ala yang telah memberi nikmat sehingga kita bisa makan dan minum.

Dalam perkara ini, paling tidak kita disuruh membaca kalimat Alhamdulillah. Berdasarkan hadits Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : 

إِنَّ اللَّهَ لَيَرْضَى عَنِ الْعَبْدِ أَنْ يَأْكُلَ الأَكْلَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا أَوْ يَشْرَبَ الشَّرْبَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا

Sesungguhnya ALLAH TA’ALA RIDHA kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (alhamdulillah) sesudah makan dan minum. (H.R Imam Muslim).

Oleh karena itu hamba hamba Allah hendaklah banyak bersyukur dengan memuji Allah Ta'ala disetiap waktu dan keadaan. Berusahalah dengan sungguh sungguh  agar bisa masuk ke dalam golongan yang sedikit yaitu golongan orang orang  yang bersyukur kepada Allah Ta'ala. Sungguh Allah Ta'ala mengingatkan telah :

إِنَّ اللَّهَ لَذُو فَضْلٍ عَلَى النَّاسِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَشْكُرُونَ

Sesungguhnya Allah memberikan karunia kepada manusia tetapi SEDIKIT SEKALI mereka yang bersyukur. (Q.S al Baqarah 243).

Wallahu A'lam. (2.913)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar