Kamis, 02 Februari 2023

KEUTAMAAN HAMBA HAMBA ALLAH BERSAMA AL QUR AN

 

KEUTAMAAN HAMBA HAMBA ALLAH BERSAMA AL QUR AN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, al Qur an yang diturunkan  kepada Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam adalah Kitab yang Mulia, sebagai petunjuk yang akan menyelamatkan manusia di dunia dan di akhirat kelak. Allah Ta'ala berfirman : 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (Q.S al Baqarah 185).

Ketika seseorang ingin mendapat mendapat petunjuk terbaik yaitu dari al Qur an untuk keselamatan dirinya maka wajiblah baginya untuk mempelajari dan mentadaburinya. 

Sangatlah banyak kemuliaan dan keutamaan, pahala serta kebaikan yang akan mendatangi hamba hamba Allah yang selalu bersama al Qur an yaitu dengan   membaca dan  mempelajarinya. Diantaranya adalah :

(1) Menjadi sebaik baik hamba Allah.

Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

خيركم من تعلم القرآن وعلمه 

Sebaik baik kalian adalah yang belajar al Qur an dan mengajarkannya (H.R Imam Bukhari, dari Utsman bin Affan).

Ketahuilah bahwa tidak ada ketinggian dan kemuliaan yang hakiki akan diperoleh seorang hamba kecuali dengan al Qur an. Imam al Muzani, yaitu salah seorang murid terbaik Imam asy Syafi-i menjelaskan bahwa Imam asy Syafi-i berkata : “Man ta’allamal qur an ‘azhumat qiimatuhu” Barangsiapa yang mempelajari al Qur an telah tinggi kedudukannya.

(2) Mendapat syafaat dari al Qur-an.

Ketahuilah bahwa ada suatu keadaan yang sangat berat dan akan dilalui oleh manusia yaitu ketika berada di Padang Mahsyar. Semua orang membutuhkan pertolongan. Dan diantara pertolongan yang akan diperoleh seorang mukmin adalah dari bacaan ayat al Qur an nya ketika berada di dunia.

Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam menjelaskan hal ini dalam sabda beliau :

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ، فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ.

Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafa’at kepada pembacanya. (H.R. Muslim, dari Abu Umamah).

(3) Mendapat pahala yang berlipat dengan membaca al Qur an.

Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  bersabda :

 مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا
لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf. (H.R Imam at Tirmidzi, dari Ibnu Mas'ud).

Perhatikanlah saudaraku, berapa banyak huruf yang ada dalam setiap ayat, setiap surat dan setiap juz dari al Qur an. Diantara surat yang pendek dalam al Qur an adalah surat al Kautsar yang terdiri dari 42 huruf. Untuk membacanya membutuhkan waktu hanya kira kira 13 detik dan mendatangkan 420 pahala.

Kemudiaan surat al Ikhlas. Surat ini terdiri dari 47 huruf dan untuk membacanya butuh waktu kira kira 15 detik. Ini akan mendatangkan 470 pahala bagi yang membacanya. Surat al Mulk 1313 huruf dan surat  ash Shaf 900 huruf. Lalu bagaimana dengan membaca surat yang panjang seperti al Baqarah yang memiliki 25.500 huruf. Tentu akan lebih besar lagi manfaatnya.

(4)  Membaca al Qur an dalam shalat ada nilai khusus.

Ketahuilah bahwa membaca al Qur an  memiliki kebaikan dan keutamaan yang lebih banyak ketika dibaca saat shalat. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :  

مَنْ قَامَ بِعَشْرِ آيَاتٍ لَمْ يُكْتَبْ مِنْ الْغَافِلِينَ ، وَمَنْ قَامَ بِمِائَةِ آيَةٍ كُتِبَ مِنْ الْقَانِتِينَ ، وَمَنْ قَامَ بِأَلْفِ آيَةٍ كُتِبَ مِنْ الْمُقَنْطِرِينَ

Barangsiapa yang qaama (mendirikan shalat malam)  dengan membaca sepuluh ayat, maka ia tidak dicatat sebagai orang yang lalai, barangsiapa yang qaama dengan membaca seratus ayat, maka dicatat sebagai orang yang qaanit (orang yang taat), barangsiapa yang qaama dengan membaca seribu ayat, maka dicatat sebagai orang yang mendapat pahala berlimpah ruah. (H.R Abu Dawud dan Ibnu Hibban).

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : 

أيحب أحدكم إذا رجع إلى أهله أن يجد فيه ثلاث خلفات عظام سمان ؟ قلنا : نعم ، قال : فثلاث آيات يقرأ بهن أحدكم في صلاته خير له من ثلاث خلفات عظام سمان

Apakah salah satu dari kalian suka, jika kembali kepada keluarganya mendapatkan tiga unta bunting yang besar lagi gemuk ?. Kami menjawab : Ya.  Beliau bersabda : Tiga ayat yang dibaca oleh salah satu dari kalian dalam shalatnya lebih baik dari pada tiga unta bunting yang besar lagi gemuk. (H.R Imam Muslim dari Abu Hurairah).

Jadi berusahalah untuk banyak membaca ayat al Qur an terutama dalam shalat malam dan juga shalat yang lainnya karena memiliki nilai yang khusus di sisi Allah Ta'ala.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A'lam. (2.898)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar