Selasa, 30 April 2019

ORANG BERIMAN BERSEGERA MENUJU AMPUNAN ALLAH


ORANG BERIMAN BERSEGERA MENUJU AMPUNAN ALLAH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh manusia memiliki banyak dosa. Dalam satu hadits qudsi disebutkan bahwa bahwa Allah Ta’ala berfirman :

يا عبادي! إنَّكم تُخطئون بالليل والنهار، وأنا أغفرُ الذنوبَ جميعاً، فاستغفروني أغفرْ لكم

Wahai hamba-hamba-Ku, SESUNGGUHNYA KALIAN BERBUAT DOSA MALAM DAN SIANG, dan Aku Maha Mengampuni dosa, maka mintalah ampunan kepadaKu niscaya Aku akan mengampuni kalian. (H.R Imam Muslim).

Sementara itu kita tidak mengetahui kapan waktunya kita diwafatkan Allah Ta’ala karena itu adalah rahasia Allah. Ketika waktunya sudah sampai maka kita akan dipanggil menghadap-Nya. Tak bisa diundur atau dimajukan barang sesaat. Allah Ta’ala berfirman :

لِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ ۚ إِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ فَلَا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً ۖ وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

Bagi setiap umat mempunyai ajal (batas waktu). Apabila ajalnya tiba mereka tidak dapat meminta penundaan atau percepatan sesaat pun. (Q.S Yunus 49).

Oleh karena itu, dengan kasih sayang-Nya, Allah Ta’ala menyuruh kita semua menuju ampunan-Nya. Allah Ta’ala berfirman :

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Rabb-mu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang orang yang bertakwa. (Q.S Ali Imran 133).

Para ulama tafsir menjelaskan makna kata bersegeralah dalam ayat ini. Diantaranya Imam al Baghawi, beliau berkata bahwa makna bersegeralah dalam ayat ini adalah : BERSEGERALAH DAN BERGEGASLAH MENGERJAKAN AMALAN AMALAN YANG BISA MENDATANGKAN PENGAMPUNAN. (Kitab Tafsir al Baghawi).

Sementara itu Imam al Qurthubi berkata bahwa makna bersegeralah dalam ayat ini adalah : BERSEGERA MENGERJAKAN HAL HAL YANG BISA MENDATANGKAN PENGAMPUNAN, YAITU KETAATAN.(Kitab Tafsir al Qurthubi).

Jadi orang orang beriman sangatlah dianjurkan untuk segera menuju ampunan Allah Ta’ala termasuk melakukan amal amal shalih. Bahkan di beberapa ayat yang lain Allah Ta’ala bukan hanya menyUruh bersegera TETAPI BERLOMBA UNTUK MENDAPATKAN AMPUNAN DAN KEBAIKAN. Allah Ta’ala berfiman :

سَابِقُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا كَعَرْضِ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ أُعِدَّتْ لِلَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرُسُلِهِ ۚ ذَٰلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ

BERLOMBALAH LOMBALAH kamu untuk mendapatkan ampunan dari Rabb-mu  dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang beriman kepada Allah dan Rasul rasul-Nya. Itulah karunia Allah yang diberikan kepada kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.  (Q.S al Hadid 21).

Allah Ta’ala berfirman : 

فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ

Maka berlombalah kamu dalam kebaikan. (Q.S al Baqarah 148 dan Q.S al Maidah 48). 

Kesimpulannya adalah bahwa seorang hamba jangan menunda nunda untuk memohon ampun dan juga jangan menunda nunda untuk melakukan amal shalih. BERSEGERALAH DALAM KEBAIKAN. Insya Allah ada manfaatnya untuk kita semua. Wallahu A’lam. (1.616)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar