Sabtu, 27 April 2019

MENYAMBUT RAMADHAN DENGAN BEKAL ILMU


MENYAMBUT RAMADHAN DENGAN BEKAL ILMU

Oleh : Azwir B. Chaniago

Bulan Ramadhan memberi kesempatan kepada orang orang beriman untuk melakukan semua amal amal utama dalam Islam, kecuali ibadah haji. Diantaranya ada puasa wajib,  ada shalat tarawih, sedekah, baca al Qur an, i’tikaf, mencari lailatul qadr  dan yang lainnya. 

Dalam bahasa yang sederhana bisa disebut bulan Ramadhan adalah kesempatan panen pahala dan kebaikan. Bahkan pahalanya dilipat gandakan dari sebelumnya.

Ibnu Rajab Al Hambali rahimahullah mengatakan : Sebagaimana pahala amalan puasa akan berlipat-lipat dibanding amalan lainnya, maka puasa di bulan Ramadhan lebih berlipat pahalanya dibanding puasa di bulan lainnya. Ini semua bisa terjadi karena mulianya bulan Ramadhan dan puasa yang dilakukan adalah puasa yang diwajibkan oleh Allah pada hamba-Nya. Allah pun menjadikan puasa di bulan Ramadhan sebagai bagian dari rukun Islam, tiang penegak Islam. (Lihat Lathaif Ma’arif).

Ketahuilah bahwa semua ibadah termasuk ibadah di bulan Ramadhan hanya bernilai bila dilakukan dengan ikhlas dan dengan itiba’ yaitu  cara yang diajarkan oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam. Ini haruslah menjadi perhatian orang orang beriman. Ketika ibadah yang dilakukan tidak berdasarkan petunjuk syariat bisa jadi ibadah itu tertolak. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda : 

مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

Barangsiapa melakukan suatu amalan yang bukan berasal dari kami, maka amalan tersebut tertolak.  (H.R Imam Muslim)

Untuk mengetahui cara beribadah yang benar sebagaimana diajarkan Rasulullah kita butuh ilmu dan ilmu hanya didapat dengan belajar. Oleh karena itu sambutlah Ramadhan dengan banyak belajar ilmu terutama tentang cara cara beramal yang benar  di bulan Ramadhan. Para ulama mengingatkan agar berilmu dulu baru beramal. Pahami dulu ilmunya sehingga amal yang kita lakukan adalah berdasarkan ilmu yang benar, berdasarkan dalil. Jangan sekedar ikut ikutan.

Allah Ta’ala  berfirman :

فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ

Pahamilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu. (QS. Muhammad: 19)

Imam Bukhari ketika beliau menjelaskan ayat ini, beliau berkata dalam kitab shahih beliau :

باب الْعِلْمُ قَبْلَ الْقَوْلِ وَالْعَمَلِ

Penjelasan, bahwa ilmu harus didahulukan sebelum berbicara dan beramal.

Oleh karena itu sebelum memasuki bulan Ramadhan adalah sangat sangat dianjurkan bagi kita semua untuk mempelajari kembali ilmu  yang shahih tentang jenis jenis ibadah serta cara cara beribadah di bulan Ramadhan. Dengan demikian  maka ibadah Ramadhan kita tahun ini bisa lebih baik dari tahun tahun sebelumnya.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.609).




.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar