Sabtu, 27 April 2019

BERDOA AGAR DIBERI ILMU YANG BERMANFAAT


INI DOANYA AGAR DIBERI ILMU YANG BEMANFAAT

Oleh : Azwir B. Chaniago

Islam agama yang mulia sangatlah menganjurkan bahkan mewajibkan umatnya untuk selalu belajar ilmu terutama ilmu agama dan juga  ilmu  lainnya yang bermanfaat bagi kaum muslimin. Rasulullah bersabda  :  

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Belajar ilmu adalah wajib bagi setiap Muslim. (H.R Imam Ahmad dan Imam Ibnu Majah).

Oleh karena itu tidaklah pantas jika seorang hamba melalaikan dirinya untuk mencari ilmu. Sungguh kita butuh ilmu dalam setiap waktu dan keadaan. Kita butuh ilmu untuk memahami aqidah yang lurus. Kita butuh ilmu untuk beribadah yang benar. Kita butuh ilmu untuk berakhlak yang terpuji. Kita butuh ilmu agar bisa bermuamalah dengan baik. Bahkan beberapa saat sebelum matipun kita masih butuh ilmu yaitu ilmu tentang kalimat apa yang harus kita ucapkan pada saat yang sangat krusial itu. 

Para ulama mengingatkan agar berilmu dulu baru beramal. Pahami dulu ilmunya sehingga amal yang kita lakukan adalah berdasarkan ilmu yang benar, berdasarkan dalil.

Allah Ta’ala  berfirman :

فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ

Pahamilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu. (QS. Muhammad: 19)

Imam Bukhari ketika beliau menjelaskan ayat ini, beliau berkata dalam kitab shahih beliau :

باب الْعِلْمُ قَبْلَ الْقَوْلِ وَالْعَمَلِ

Penjelasan, bahwa ilmu harus didahulukan sebelum berbicara dan beramal.

Ketahuilah bahwa ilmu hanya bisa didapat dengan pertolongan Allah melalui usaha yaitu belajar. Belajar yang sungguh sungguh. Selain itu BANYAK BANYAKLAH BERDOA AGAR DIBERI ILMU YANG BERMANFAAT.

Sungguh Allah Ta’ala telah menyuruh Rasulullah untuk senantiasa berdoa memohon ilmu sebagaimana firman-Nya :

وَقُل رَّبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Dan katakanlah : YA RABB-KU TAMBAHKANLAH ILMU KEPADAKU. (Q.S Thaha 114).

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  mengajarkan pula doa untuk memohon diberi ilmu yang bermanfaat, sebagaimana sabda beliau :

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima. (H.R Imam Ahmad, Ibnu Majah dan Ibnu as-Sunni).
Ini adalah doa yang biasa dibaca Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam dalam rangkai dzikir pagi setelah shalat shubuh.

Selain itu Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam juga berdoa, yaitu memohon tambahan ilmu dengan lafazh berikut ini :

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي, وَعَلِّمْنِيْ مَايَنْفَعُنِيْ, وَ زِدْنِيْ عِلْمًا

Ya Allah, berilah manfaat kepadaku dengan apa-apa yang Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku, Dan tambahkanlah ilmu kepadaku. (H.R at-Tirmidzi  dan Ibnu Majah).

Doa memohon tambahan ilmu yang bermanfaat tersebut diatas sangatlah baik untuk diamalkan karena doa itu berasal dari al Qur an dan as Sunnah. Ketahuilah bahwa doa dari al Quran dan dari as Sunnah adalah doa terbaik dan lebih utama untuk diamalkan.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata : Manusia sepatutnya berdoa dengan berbagai syar’i yang terdapat dalam al Qur an dan as Sunnah, karena tidak disangsikan lagi akan keutamaan dan kebaikannya. Sesungguhnya itulah jalan yang lurus, jalan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiiqiin, syuhada, dan shalihin, dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya. (al Fatawa).

Oleh karena itu orang orang beriman haruslah setiap saat berdoa memohon tambahan ilmu yang bermanfaat. Diantaranya adalah dengan tiga doa diatas yang diajarkan  Allah Ta’ala dan Rasul-Nya. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.611)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar