Minggu, 21 April 2019

SANGAT BERUNTUNG ORANG TUA PUNYA ANAK SHALIH


SANGAT BERUNTUNG ORANG TUA PUNYA ANAK SHALIH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Semua orang beriman sangatlah menginginkan dan berusaha untuk memiliki anak anak yang shalih dan shalihah. Kenapa ?, karena anak yang shalih adalah merupakan keuntungan besar yang dianugerahkan Allah Ta'ala kepada sebagian orang tua.

Sungguh orang tua akan banyak sekali menikmati manfaat dari keshalihan anak anaknya. Diantara keutamaan dan kebaikannya adalah :

Pertama : Derajat orang tua akan terangkat.

Dalam satu hadits disebutkan :

.عن أبي هريرة ، عن النبي قال إن الرجل لترفع درجته في الجنة فيقول: أنى هذا ؟ فيقال: باستغفار ولدك لك

Dari Abu Hurairah  bahwa Nabi  bersabda : Sungguh seorang manusia akan ditinggikan derajatnya di surga (kelak), maka dia bertanya: Bagaimana (aku bisa mencapai) semua ini ?. Maka dikatakan kepadanya : (Ini semua) disebabkan istighfar (permohonan ampun kepada Allah yang selalu diucapkan oleh) anakmu untukmu (H.R Imam Ahmad dan Ibnu Majah, dihasankan oleh Syaikh al Albani).
Dan diantara bentuk doa dan memintakan ampun dari anak untuk kedua orang tuanya adalah :


اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Wahai Rabb-ku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan sayangilah mereka sebagaimana mereka telah menyayangi aku diwaktu aku kecil.

Kedua : Kebaikan dan doa anak shalih mengalir kepada orang tua.

Ketahuilah bahwa anak yang shalih adalah termasuk sebaik-sebaik usaha yang dilakukan oleh orang tua  dalam hidupnya. Semua amal kebaikan dan doa yang dilakukan oleh anak  shalih pahalanya akan sampai kepada orang tuanya, secara langsung dan tanpa perlu diniatkan, karena anak termasuk bagian dari usaha orang tuanya.

Rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam bersabda : 

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan dan  doa anak yang shalih (H.R Imam Muslim).

Jadi sangatlah dianjurkan agar orang orang beriman selalu berusaha dan berdoa untuk mendapatkan anak shalih. Diantara doa dimaksud adalah sebagaimana doa Nabi Ibrahim yang memohon diberi anak shalih dan disebutkan Allah Ta’ala dalam firman-Nya : 

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Ya Rabb-ku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) YANG TERMASUK ORANG YANG SHALIH. (Q.S ash Shaffat 100)

Syaikh as Sa’di berkata : Maka beliau (Nabi Ibrahim) berdoa kepada Alah agar dianugerahi seorang anak yang shalih yang dijadikan manfaat  oleh Allah Ta’ala di waktu beliau masih hidup dan sepeninggalnya. Lalu Allah Ta’ala mengabulkannya. Anak itu adalah Ismail dan tak ada keraguan tentangnya sebab sesudah itu disebutkan berita gembira dengan kedatangan Ishaq. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Oleh karena itu orang tua mestilah selalu berdoa agar Allah Ta’ala mendatangkan banyak kebaikan  kepada anak anaknya. Dan diantara doa yang utama adalah mendokan anak agar menjadi anak anak yang shalih dan shalihah. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.600)

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar