Selasa, 23 April 2019

MENYAMBUT RAMADHAN DENGAN BANYAK BERDOA


MENYAMBUT RAMADHAN DENGAN BANYAK BERDOA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Setiap tahun, dengan kasih sayang-Nya, Allah Ta’ala mendatangkan bulan Ramadhan. Ada diantara kita yang sudah mendapatkan Ramadhan 10, 20 bahkan ada yang 50 kali atau lebih. 

Ketahuilah bahwa Ramadhan adalah bulan yang paling mulia diantara seluruh bulan. Bulan penuh berkah, bulan kesempatan untuk beribadah lebih banyak dan pahalanya dilipat gandakan. Bulan diampuninya dosa dosa. Bahkan ada satu malam yang sangat utama dari seluruh malam yaitu lailathul qadr yang lebih baik dari seribu bulan.

Rasulullah Salallahu alaihi Wasallam bersabda :

أتاكم رمضان شهر مبارك. فرض الله عز وجل عليكم صيامه، تفتح فيه أبواب السماء، وتغلق فيه أبواب الجحيم، وتغلّ فيه مردة الشياطين، لله فيه ليلة خير من ألف شهر، من حرم خيرها فقد حرم

Telah datang kepada kalian ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan (nakal) akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan. (H.R Imam  Ahmad dan an Nasa’i).

Oleh karena itu, orang orang beriman sangat bersemangat dan bergembira untuk dipertemukan dan mendapatkan bulan Ramadhan. Sungguh para ulama dan orang orang shalih dari dahulu SELALU BANYAK BERDOA MENJELANG DATANGNYA BULAN RAMADHAN. Mereka sangat bersemangat menyambut Ramadhan.  

Mu’alla bin al Fadhl, seprang ulama dari kalangan tabi’ tabiin, berkata  : Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan. (Lathaif al Ma’arif),

Diantara doa yang bisa kita tiru adalah doa yang diriwayatkan oleh Yahya bin Abi Katsir,  seorang ulama dari kalangan tabi’in, bahwa sebagian sahabat ketika mendekati datangnya Ramadhan mereka berdoa :

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan. (Lathaif Al-Ma’arif)

Oleh karena itu, sangatlah dianjurkan agar kita banyak berdoa sebelum datang bulan Ramadhan. Kita bermohon kepada Allah, agar : (1) Allah mempertemukan kita dengan ramadhan, dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Dengan demikian kita  bisa maksimal dalam beribadah ketika Ramadhan dengan pertolongan-Nya. (2) Dan juga kita memohon kepada Allah Ta’ala agar semua ibadah kita di bulan Ramadhan diterima dan menjadi amal shalih di sisi-Nya.

Kita yakin seyakin yakinnya, sungguh Dia-lah satu satunya Dzat Yang Mahakuasa mengendalikan diri kita dan memudahkan serta memberi kekuatan bagi  diri kita untuk beribadah kepada-Nya. kepada-Nya

Ketahuilah bahwa kebaikan, keutamaan Ramadhan hanya didapatkan oleh seorang hamba yang berusaha untuk mengisinya dengan berbagai ibadah yang disyariatkan. Sunguh semuanya hanya bisa dilakukan dengan pertolongan Allah Ta’ala. Disinilah urgensi dan keutamaan banyak berdoa sebelum datang bulan Ramadhan.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.604)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar