Sabtu, 27 April 2019

SANGAT DIANJURKAN BERDOA KETIKA SUJUD DALAM SHALAT


SANGAT DIANJURKAN BERDOA KETIKA SUJUD 
DALAM SHALAT

Oleh : Azwir B. Chaniago

Salah satu rukun shalat adalah sujud, kecuali dalam shalat jenazah. Ketika kita memenuhi perintah shalat yang fardhu maupun sunnah maka sangatlah banyak sujud yang kita lakukan setiap harinya. 

Sungguh  bersujud adalah tanda bukti kita betul betul merendahkan dan menghinakan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan kita semua  adalah makhluk yang betul betul sangat rendah  dihadapan Allah Ta’ala dan sangat butuh kepada-Nya. Untuk itu kita selalu berdoa dan memohon kepada-Nya.

Ketahuilah bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam sangat menganjurkan umatnya untuk  banyak berdoa. Diantaranya adalah  ketika sujud dalam shalat. Beliau menjelaskan pula bahwa doa yang dipanjatkan ketika sujud tidak ditolak dan layak untuk dikabulkan oleh Allah Ta’ala yaitu sebagaimana dua hadits berikut ini : 

Pertama : Hadits dari Abu Hurairah.

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

أَقْرَبُ مَا يَكُوْنُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدُ فَأَكْثِرُوْا الدُّعَاءَ

Sedekat-dekatnya seorang hamba dari Rabb-nya adalah ketika dia sedang sujud, maka perbanyaklah doa (pada waktu itu). H.R Imam Muslim.


Kedua : Hadits  dari Abdullah bin Abbas.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda :

وَأَمَّا السُّجُوْدُ فَاجْتَهِدُوْا فِي الدُّعَاءِ فَقَمِنٌ أَنْ يُسْتَجَابَ لَكُمْ

Adapun (di waktu) sujud maka bersungguh-sungguhlah untuk berdoa padanya, karena layak untuk dikabulkan doamu (pada waktu itu). H.R Imam Muslim

Perlu diketahui bahwa keutamaan yang disebut dalam hadits ini berlaku untuk semua sujud dalam shalat. TIDAK HANYA UNTUK SUJUD TERAKHIR SAJA SEBAGAIMANA DISANGKA DAN DIPRAKTEKKAN OLEH SEBAGIAN KAUM MUSLIMIN. (Syarah Sahih Muslim, Imam an Nawawi).

Jadi dengan melihat kepada zhahir dua hadits ini serta penjelasan Imam an Nawawi diatas, maka berdoa ketika sujud dalam shalat bisa dilakukan pada sujud pertama atau kedua atau ketiga dan keempat atau sujud yang mana pun ataupun di semua sujud dalam shalat. Jadi ada kelapangan untuk berdoa di sujud mana saja dan bukan pada sujud terakhir saja.

Namun demikian tidaklah setiap shalat kita bisa melakukan sujud agak lama karena ingin berdoa. Ketika menjadi makmum tentu  harus mengikuti gerakan imam. Lalu ketika kita mengimami shalat kita juga tak dianjurkan untuk memperlama sujud karena bisa jadi ada jamaah yang kurang sehat atau lemah, tak kuat sujud berlama lama.

Oleh karena itu gunakan kesempatan untuk banyak berdoa dalam sujud ketika shalat sendirian seperti shalat sunnah rawatib,  shalat lail, shalat dhuha dan yang lainnya.  Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.610)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar