Minggu, 21 April 2019

PERKUAT DOA DENGAN BANYAK BERSEDEKAH


PERKUAT DOA DENGAN BANYAK BERSEDEKAH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Ketahuilah bahwa berdoa adalah suatu yang benar benar sangat dianjurkan dalam syariat Islam. Sungguh Allah Ta’ala menyuruh hamba hamba-Nya memohon kepada-Nya. Allah Ta’ala telah berjanji akan mengabulkan yaitu sebagaimana firman-Nya :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Rabbmu berfirman : Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhny orang orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina. (Q.S al Mu’min 60).

Allah Ta’ala berfirman :

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran (Q.S al Baqarah 186).

Oleh karena itu jangan bosan berdoa apalagi berhenti berdoa meskipun berasa belum dikabulkan. Rugi kalau tidak berdoa terus menerus. Perhatikanlah nasehat Imam Ibnul Qayyim berikut ini.

Beliau berkata  : Salah satu kesalahan yang dapat menghalangi terkabulnya doa adalah ketergesa gesaan seorang hamba. Ia menganggap doanya lambat dikabulkan, lantas dia merasa jenuh dan letih.  Ibarat seorang petani yang menanam tanaman, kemudian ia menjaga dan menyiraminya. Namun karena terlalu lama menunggu hasilnya, orang itu pun membiarkan dan mengabaikan tanaman tersebut. (Kitab Ad Daa’ wa ad Dawaa’)

Ketahuilah bahwa sangat dianjurkan untuk memperkuat doa dengan sedekah dan berbuat kebaikan. Dalam perkara ini, Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah mengingatkan kita semua melalui sabda beliau :

“Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain”. (H.R Imam Ahmad)

Inilah salah satu pelajaran berharga dari Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam. Ketika kita ingin doa terkabul, harapan terwujud, dan segala kesulitan hilang, ternyata salah satu caranya adalah dengan mengatasi kesulitan orang lain terlebih dahulu diantaranya adalah dengan bersedekah.

Setiap saat kita berdoa. Apalagi ketika menghadapi kesulitan dan menginginkan maka kita memohon pertolongan Allah Ta’ala. Ketahuilah bahwa  salah satu syarat datangnya pertolongan Allah adalah kerelaan kita menolong orang lain. Perhatikanlah hadits berikut ini  :

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

وَاللَّهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِى عَوْنِ أَخِيهِ

Allah senantiasa menolong hamba selama ia menolong saudaranya. (H.R Imam Muslim).

Dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

وَمَنْ كَانَ فِى حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِى حَاجَتِهِ

Siapa yang biasa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah akan senantiasa menolongnya dalam kebutuhannya. (H.R Imam Bukhari  dan Imam Muslim).

Ketahuilah bahwa salah satu cara yang sangat baik dan dianjurkan adalah BERSEDEKAH TERUTAMA KEPADA ORANG YANG KEKURANGAN HARTA. Dengan demikian maka Allah Ta’ala akan memenuhi doa kita ketika berdoa memohon pertolongan dan memohon kebaikan-Nya.

Oleh karena itu mari kita perkuat doa kita dengan bersedekah dan meringankan beban atau kesulitan orang lain. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.601)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar