Selasa, 23 April 2019

BERSEDEKAH BISA TERHINDAR DARI MURKA ALLAH


BERSEDEKAH BISA TERHINDAR DARI MURKA ALLAH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Haruslah dipahami dan disadari bahwa kita  ini banyak berbuat dosa. Dalam  satu hadits qudsi disebutkan bahwa Allah Ta’ala Ta’ala berfirman : 

يَا عِبَادِى إِنَّكُمْ تُخْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَأَنَا أَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا فَاسْتَغْفِرُونِى أَغْفِرْ لَكُمْ

Wahai para hamba-Ku, sesungguhnya KALIAN BERBUAT DOSA DI MALAM DAN DI SIANG HARI.  dan Aku akan mengampuni seluruh dosa, maka minta ampunlah kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni dosa-dosa kalian. (H.R Imam Muslim).

Orang orang beriman sangatlah takut kepada dosa dosa sekecil apapun karena dosa  akan mendatangkan murka Allah apalagi jika dilakukan terus menerus. Ketahuilah bahwa sebenarnya Allah Ta’ala telah memaafkan banyak dosa kita. Allah Ta’ala berfirman : 

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ

Dan musibah apapun yang menimpa kamu adalah karena perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan kesalahanmu). Q.S asy Syura 30)

Allah Ta’ala memang banyak memaafkan kesalahan manusia. Seandainya Allah tidak memaafkan banyak kesalahan manusia, maka mungkin tidak ada satu orangpun yang layak untuk hidup di  bumi Allah ini.

Ketahuilah bahwa salah satu upaya untuk menjauh dari  murka Allah Ta’ala  adalah dengan banyak bersedekah. Sungguh Allah Ta’ala akan menahan murka-Nya terhadap manusia apabila mereka rajin bersedekah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

 إن صَدَقَةُ السِّرِّ تُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ

Sesungguhnya sedekah yang dikeluarkan secara rahasia dapat memadamkan murka Allah Subhanahu wa Ta’ala. (H.R ath Thabrani, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Orang yang bersedekah menunjukkan bahwa dia seorang hamba berlaku ikhlas kepada Allah. Ia berlaku tulus kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala  yaitu bersedekah dengan cara diam-diam. Dengan demikian Allah Subhanahu wa Ta’ala akan ridha kepada-nya dan Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mengangkat adzab ataupun murka-Nya atas hamba tersebut.

Sebagai penutup tulisan ini, dinukil salah satu keutamaan sedekah. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

الصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ

Sedekah itu menghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api. (H.R  at Tirmidzi).

Oleh karena itu, maka orang orang beriman akan senantiasa bersedekah sehingga bisa menghilangkan murka Allah Ta’ala dan juga akan menghapus dosa dan kesalahan.
Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.603)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar