Senin, 29 April 2019

WANITA DUNIA MASUK SURGA LEBIH CANTIK DARI BIDADARI


WANITA DUNIA  YANG MASUK SURGA LEBIH CANTIK 
DARI BIDADARI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Dari dalil dalil yang kuat kita  mengetahui  bahwa bidadari surga  memiliki keutamaan yaitu dalam  kecantikan, kesetiaan, akhlak dan yang lainnya. 

Keadaan bidadari surga antara Allah jelaskan dalam firman-Nya :

فِيهِنَّ خَيْرَاتٌ حِسَانٌ

Di dalamnya ada bidadari bidadari yang baik baik dan cantik jelita. (Q.S ar Rahman 70).

Syaikh as Sa’di berkata : “Di dalamnya”, maksudnya di dalam semua surga tersebut “ada bidadari bidadari yang baik baik lagi cantik jelita” yakni memiliki akhlak yang mulia dan wajah yang rupawan dimana mereka telah mengumpulkan antara keindahan lahir dan keindahan bathin serta keelokan bentuk penciptaan dan akhlak. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan pula tentang bidadari surga dalam  sabda beliau : “Sekiranya salah seorang bidadari surga datang ke dunia, pasti ia akan menyinari langit dan bumi dan memenuhi antara langit dan bumi dengan aroma yang harum semerbak. Sungguh tutup kepala salah seorang wanita surga itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim)

Akan  tetapi ketahuilah bahwa semua kelebihan bidadari surga itu  akan bisa ditandingi oleh   wanita wanita dunia yang masuk surga, sebagaimana hadits yang berasal   dari pertanyaan dari Ummu Salamah : Ya Rasulullah, mana yang lebih afdhal, bidadari asli surga ataukah wanita dunia ?.

Beliau bersabda : “Wanita dunia  lebih afdhal dari pada bidadari asli surga. Sebagaimana bagian luar baju lebih bagus dari pada bagian dalamnya.”
Ummu Salamah bertanya : Mengapa bisa demikian, ya Rasulullah ?. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

بصلاتهن وصيامهن وعبادتهن لله عز و جل ألبس الله عز و جل وجوههن النور وأجسادهن الحرير بيض الألوان خضر الثياب صفر الحلي

Disebabkan karena mereka (wanita dari dunia) shalat, berpuasa, dan melakukan ibadah kepada Allah. Allah berikan dia  (wanita dunia yang masuk surga) hiasan cahaya di wajahnya, memakai sutra putih warnanya, dan baju berwarna hijau, serta perhiasan kuning mengkilap. (H.R ath Thabrani).

Ada sebagian ulama mengatakan bahwa hadits ini lemah. Tetapi banyak ulama mengatakan bahwa wanita dunia yang masuk surga lebih utama. Diantaranya Ibnul Mubarak menyampaikan riwayat dari Hibban bin Abi Jabalah. Beliau mengatakan : Sesungguhnya wanita dunia yang masuk surga lebih unggul dibandingkan wanita surga, disebabkan amal yang mereka kerjakan sewaktu di dunia. (Tafsir al-Qurthubi).

Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya pula : Apakah kecantikan bidadari surga sama dengan istri kita sebagaimana disebut dalam Al-Quran ?. Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin berkata : Yang nampak, istri kita lebih baik daripada bidadari surga dilihat dari kecantikannya. (Fatawa Nur ‘ala Ad-Darb).

Oleh karena itu para shalihah calon penghuni surga jangan merasa rendah diri sedikitpun dari bidadari surga yang memang dijelaskan secara shahih bahwa mereka sangatlah cantik. Kenapa, karena ternyata wanita dunia nanti akan lebih cantik dari para bidadari itu. Tetaplah memperkuat iman dan amal shalih agar masuk surga dengan selamat dan mendapat keutamaannya.

Insya Allah ada manfaatnya untuk kita semua. Wallahu A’lam. (1.614)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar