Kamis, 22 Februari 2024

SANGAT DIANURKAN BANYAK MEMOHON AMPUN SEBELUM RAMADHAN

 

SANGAT DIANURKAN BANYAK MEMOHON AMPUN SEBELUM RAMADHAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Satu perkara   sangat penting dan sangat dianjurkan dalam syariat Islam adalah senantiasa memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kenapa ?, karena memang kita sebagai hamba Allah sering berbuat salah dan dosa. Sungguh Allah Ta’ala berfirman dalam satu hadits qudsi :

يَا عِبَادِي إِنَّكُمْ تُخْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَأَنَا أَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا فَاسْتَغْفِرُونِي أَغْفِرْ لَكُمْ

Wahai hamba-hambaKu sesungguhnya kalian semua melakukan kesalahan di waktu malam dan siang, sedangkan Aku mengampuni segala dosa semuanya, maka mintalah ampun kalian semua kepada-Ku niscaya Aku ampuni kalian. (H.R Imam Muslim)

Oleh karena itu maka memohon ampun hakikatnya haruslah dilakukan terus menerus setiap waktu dan keadaan karena Allah Ta’ala mengingatkan bahwa hamba hamba-Nya berbuat dosa malam dan siang artinya sering berbuat dosa.

Ketahuilah bahwa diantara waktu yang sangat dianjurkan dan juga sangat bermanfaat adalah memohon ampun beberapa waktu sebelum Ramadhan. Sungguh bulan Ramadhan adalah bulan panen ibadah.

Mulai dari puasa fardhu sebulan penuh, shalat taraweh, membaca al Qur an, belajar ilmu, berinfak dan bersedekah, zakat mal dan zakat fitri. Untuk bisa beribadah dengan lebih tenang dan lebih khusyuk di bulan Ramadhan semestinya hamba hamba Allah memohon kepada-Nya agar DOSA DOSANYA DIAMPUNI SEMUANYA sebelum masuk bulan Ramadhan.

Sungguh, orang orang berilmu mengingatkan bahwa ketika seseorang banyak dosa maka AKAN MELEMAHKAN SEMANGAT UNTUK BERIBADAH. Dan kita sangat berharap agar ibadah kita di bulan Ramadhan jangan melemah dan berkurang bahkan seharusnya semakin bertambah.

Ali bin Abi Thalib berkata : Akibat buruk dari dosa adalah : (1) Kelemahan dalam beribadah. (2) Kehidupan yang sempit. (3) Keburukan dalam perkara yang (mestinya)  nyaman. (Dari Tarikh Khulafa).

Imam Ibnul Qayyim berkata : Sungguh banyak ketaatan yang TERPUTUS KARENA DOSA. Padahal satu ketaatan, lebih baik daripada dunia beserta isinya. (Ad Daa' wad Dawaa')

Oleh karena itu hamba hamba Allah  sangat dianjurkan banyak memohon ampun sebelum datang bulan Ramadhan. Dan sebagai penutup tulisan ini dinukil satu hadits tentang keuntungan yang akan mendatangi orang yang  banyak beristighfar. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

طُوْبَى ِلمَنْ وَجَدَ فِي صَحِيْفَتِهِ اسْتِغْفَارًا كَثِيْرًا.

Sungguh beruntung seseorang yang mendapati pada catatan amalnya istighfar yang banyak. (H.R Ibnu Majah, dishahihkan oleh Syaikh al Albani)

Wallahu A'lam. (3.239)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar