Jumat, 23 Februari 2024

ALLAH MEMBERI BALASAN SANGAT KHUSUS UNTUK IBADAH PUASA

 

ALLAH MEMBERI BALASAN SANGAT KHUSUS UNTUK  IBADAH PUASA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh sangatlah banyak keutamaan dan kebaikan yang akan mendatangi orang orang beriman yang melakukan shaum di bulan Ramadhan. Puncak paling puncak dan paling utama yang akan mendatangi orang berpuasa  adalah menjadi orang yang bertakwa. Allah Ta'ala berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Wahai orang-orang yang beriman.  Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Q.S al Baqarah 183).

Kenapa takwa menjadi puncak tujuan paling penting bagi hamba hamba Allah ?. Sungguh, TAKWA ADALAH BEKAL TERBAIK seorang hamba untuk kembali ke negeri akhirat. Allah Ta’ala berfirman :

وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَىٰ ۚ وَاتَّقُونِ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ

Dan bawalah bekal, sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang orang yang berakal sehat. (Q.S al Baqarah 197).

Selain itu, ketahuilah bahwa  sungguh, surga  hanya disediakan Allah Ta’ala  untuk orang yang bertakwa, tidak untuk yang selainnya. Allah Ta’ala berfirman :  

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Rabb-mu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi YANG DISEDIAKAN BAGI ORANG ORANG YANG BERTAKWA. (Q.S Ali Imran 133)

Kethuilah bahwa sungguh, ibadah puasa mendapat BALASN SECARA KHUSUS dari Allah Ta’ala yaitu sebagaimana sabda Rasulullah Salalllahu ‘alaihi Wasallam : 

 عن أَبي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قال : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

قَالَ اللَّهُ : كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلا الصِّيَامَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu berkata, Rasulullah Shallallahu’alai wa sallam bersabda, Allah Ta'ala berfirman : Semua amal anak Adam untuknya kecuali puasa. Ia untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Syaikh Muhhammad bin Shalih al Utsaimin berkata : Maka balasan ibadah puasa disandarkan Allah Ta'ala kepada diri-Nya yang Mulia. Karena amalan-amalan shalih akan dilipatgandakan pahalanya dengan bilangan. Satu kebaikan dilipat gandakan sepuluh kali sampai tujuh ratus kali sampai berlipat-lipat.

Sementara puasa, maka Allah sandarkan pahalanya kepada diri-Nya tanpa ada kadar bilangan. Maka Dia Subhanahu adalah zat yang paling dermawan dan paling mulia. Pemberian sesuai dengan apa yang diberikannya. Maka pahala orang puasa SANGAT BESAR TANPA BATAS. (Kitab Majalis Syahru Ramadhan)

 

Nah, jika melihat kepada zhahir dan keumuman hadits diatas kita dapat mengambil pelajaran bahwa PUASA UNTUK-KU dan Aku yang akan membalasnya, berlaku terutama untuk puasa fardhu di bulan Ramadhan dan  balasannya yang sangat khusus juga berlaku untuk puasa puasa sunnah yang disyariatkan.

Wallahu A'lam. (3.240)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar