Selasa, 20 Februari 2024

BERLEBIHAN MENCINTAI DUNIA MENGHILANGKAN RASA TAKUT

 

BERLEBIHAN MENCINTAI DUNIA MENGHILANGKAN RASA TAKUT

Disusun leh : Azwir B. Chaniago

Ketika seorang hamba berlebihan dalam mencintai dunia sungguh akan membahayakan dirinya baik di dunia apalagi di akhirat. Diantara perkara yang membahayakan akibat mencintai dunia adalah hilangnya RASA TAKUT KEPADA ALLAH TA'ALA.

Al-Imam Sufyan al Tsauri rahimahullah berkata : Telah sampai kepadaku kabar bahwasanya akan datang kepada manusia suatu zaman dimana hati mereka ketika itu diliputi oleh kecintaan yang besar kepada dunia sehingga tidak lagi dimasuki rasa takut kepada Allah. (Hilyatul Auliya')

Sungguh, kita banyak menyaksikan bagaimana di zaman ini, sebagian orang yang kehilangan rasa takut kepada Allah Ta'ala karena berlebihan mencintai dunia. Ketika seseorang berlebihan mencintai harta dunia maka hilang rasa takutnya untuk mengambil harta dari sumber yang haram.

Ketika seseorang berlebihan mengejar pangkat dan jabatan di dunia maka hilang rasa takutnya untuk berbuat yang haram seperti berlaku curang, membohongi orang banyak. Tidak ada rasa takut kepada Allah Ta'ala untuk memberi ruswah atau uang atau barang sogokan yang diharamkan oleh Allah Ta'ala.

Oleh karena itu hamba hamba Allah hendaklah menjaga diri dalam menjalankan kehidupan di dunia yang sementara. Sungguh dunia ini adalah tempat berbekal bagi keselamatan hidup yang abadi di akhirat.

Sungguh, Allah Ta'ala telah mengingatkan kondisi dunia bahwa dunia itu hanyalah kesenangan yang memperdaya,  sebagaimana firman-Nya :

وَمَا ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَآ إِلَّا مَتَٰعُ ٱلْغُرُورِ

Kehidupan dunia adalah kesenangan yang memperdaya. 
(Q.S Ali Imran 185).

Ketahuilah bahwa  kerugian bagi orang yang mencintai kehidupan dunia adalah di cap sebagai orang berada dalam kesesatan yang amat sangat. Allah Ta'ala berfirman  :  

الَّذِينَ يَسْتَحِبُّونَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا عَلَى الْآخِرَةِ وَيَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ وَيَبْغُونَهَا عِوَجًا ۚ أُولَٰئِكَ فِي ضَلَالٍ بَعِيدٍ

(Yaitu) orang yang lebih mencintai kehidupan dunia daripada (kehidupan) akhirat, dan menghalang halangi manusia (manusia) dari jalan Allah dan menginginkan (jalan yang) bengkok. Mereka itu berada dalam kesesatan yang jauh.  (Q.S Ibrahim ayat 3).

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata : Cinta dunia adalah sifat yang dibuat untuk meramaikan neraka oleh para penghuninya. Sedangkan zuhud terhadap dunia dibuat untuk meramaikan surga oleh para penghuninya. Sungguh, mabuk karena cinta dunia lebih membahayakan daripada mabuk karena minuman keras. Sebab orang yang mabuk karena cita dunia TIDAK AKAN SADAR kecuali setelah dia berada di kegelapan kubur. (Kumpulan Tulisan Ibnul Qayyim, Bab Ikhlas).

Wallahu A'lam. (3.234)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar