Senin, 19 Februari 2024

MASUK SURGA DENGAN KALIMAT TAUHID ADA SYARATNYA

 

MASUK SURGA DENGAN KALIMAT TAUHID ADA SYARATNYA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

 

Bagi kita hamba hamba Allah, kalimat لَا إِلَهَ إِلاَّ الله merupakan kalimat yang sangat mulia dan memiliki keutamaan yang agung. Kalimat tersebut merupakan kalimat tauhid yang menjadi pondasi utama agama Islam.

 

Selain itu, kalimat tersebut juga merupakan wujud persaksian yang diucapkan bersanding dengan kalimat Muhammadur Rasulullah. Persaksian tersebut merupakan rukun yang pertama dari rukun Islam. Dengan kalimat tersebut pula manusia dapat dibedakan menjadi mukmin atau kafir, menjadi ahli surga atau menjadi ahli neraka.

Tentang penting serta puncak keutamaan bagi hamba hamba Allah  mengucapkan kalimat tauhid Laa Ilaha Illallahi disebutkan Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam dalam sabda beliau :

(1) Hadits riwayat Abu Dawud dan Imam Ahmad

مَنْ كَانَ آخِرُ كَلَامِهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ دَخَلَ الجَنَّةَ

Barangsiapa yang akhir perkataannya sebelum meninggal dunia adalah ‘laa ilaha illallah’, maka dia akan masuk surga.

 

(2) Hadits riwayat Imam Muslim.

 

  مَنْ لَقِيْتَ يَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلَّا اللهُ مُسْتَيْقِنًا بِهَا قَلْبُهُ، فَبَشِّرْهُ باِ لْجَنَّةِ

 

Barangsiapa yag engkau temui yang bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dengn yakin dari hatinya, maka sampaikanlah kabar gembira kepadanya bahwa dia akan masuk surga.

 

Imam Ibnu Rajab al Hambali berkata : Sungguh, banyak sekali hadits hadits yang semakna dengan hadits ini. Imam Ibnu Rajab  juga menjelaskan bahwa  sekelomok ulama berkata : Sesungguhnya KALIMAT TAUHID adalah sebab yang memastikan masuk surga dan memastikan keselamatan dari neraka.


Akan tetapi ia memiliki syarat syarat yaitu : (1) Melaksanakan perkara perkara yang fardhu atau diwajibkan dan. (2) Juga memiliki penghalang penghalang yaitu melakukan dosa besar.

 

Pernah dikatakan kepada Imam Hasan al Bashri bahwa sesungguhnya orang orang mengatakan : Siapa yang mengucapkan Laa Ilaha Illallah  masuk surga ?. Maka beiau menimpali : Siapa yang mengucapkan Laa Ilaha Illallah, LALU MENUNAIKAN HAK HAKNYA DAN FARDHU FARDHUNYA maka dia masuk surga. (Jami'ul Ulum Wal Hikam).  

 

Jadi kalimat Laa Ilaha Illallah tidaklah bersendirian tetapi membutuhkan syarat syarat sesuai syariat. Wallahu A'lam. (3.232)  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar