Selasa, 13 Februari 2024

BERINFAK DAN BERSEDEKAH AGAR HARTA BERTAMBAH

 

BERINFAK DAN BERSEDEKAH AGAR HARTA BERTAMBAH

Disusun oleh : Azwir B.Chaniago

Bisa jadi judul tulisan ini bisa jadi mendatangkan pertanyaan bagi sebagian orang. Bukankah kalau sebagian harta kita diinfakkan atau disedekahkan akan menjadi berkurang. Iya memang demikian secara matematika dan logika. Suatu jumlah akan berkurang sebanyak jumlah yang diambil atau dikeluarkan.

Tapi ternyata tidaklah demikian dalam timbangan syariat. Ketahuilah bahwa Allah Ta’ala akan melipat gandakan harta yang diinfakkan di jalan –Nya, yakni sebagaimana firman-Nya :

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Mahaluas dan Maha Mengetahui”.(Q.S al Baqarah 261)

Sungguh ayat ini dengan sangat terang menjelaskan bahwa Allah melipat gandakan harta orang orang yang berinfak di jalan-Nya sampai tujuh ratus kali lipat bahkan bisa jadi lebih dari itu. 

Syaikh as Sa’di berkata : Nafkah nafkah seperti ini (infak di jalan Allah) akan dilipat gandakan. Kelipatan ini dengan tujuh ratus kali lipat hingga berlipat ganda lagi banyaknya  dari itu. Karena itu Allah berfirman : “Allah melipat gandakan (balasan) bagi siapa yang Dia kehendaki. Itu tentunya sesuai dengan apa yang ada dalam hati orang yang berinfak tersebut dari keimanan dan keikhlasan yang tulus. Juga sesuai dengan kebaikan dan manfaat yang dihasilkan dari infaknya tersebut. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

 Allah Ta'ala berfirman :

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rizki yang terbia.  (Q.S Saba’ 39)

Dalam menafsirkan ayat di atas, Al-Hafizh Ibnu Katsir berkata : Betapapun sedikit apa yang kamu infakkan dari apa yang diperintahkan Allah kepadamu dan apa yang diperbolehkanNya, niscaya Dia akan menggantinya untukmu di dunia, dan di akhirat engkau akan diberi pahala dan ganjaran, sebagaimana yang disebutkan dalam (banyak) hadits

Tentang pelipat gandaan pahala berinfak juga dijelaskan dalam sabda  Rasulullah Salallahu “alaihi wasallam : “Man anfaqa nafaqatan fii sabiilillahi, kutibat lahu sab’a mi-ati dhi’fin” Barangsiapa yang berinfak di jalan Allah, maka dicatat baginya tujuh ratus kali lipat. (H.R Imam Muslim).  

Bahkan dengan melihat kepada zhahir hadits berikut ini ternyata balasan kebaikan  bagi yang berinfak dan bersedekah bisa lebih dari 700 kali lipat.

 

(1) Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

 

مَنْ تَصَدَّقَ بِعَدْلِ تَمْرَةٍ مِنْ كَسْبٍ طَيِّبٍ – وَلاَ يَقْبَلُ اللَّهُ إِلاَّ الطَّيِّبَ – وَإِنَّ اللَّهَ يَتَقَبَّلُهَا بِيَمِينِهِ ، ثُمَّ يُرَبِّيهَا لِصَاحِبِهِ كَمَا يُرَبِّى أَحَدُكُمْ فَلُوَّهُ حَتَّى تَكُونَ مِثْلَ الْجَبَلِ

 

Barangsiapa bersedekah seberat satu biji kurma dari penghasilan yang baik –dan Allah tidak menerima kecuali yang baik- maka Allah menerimanya dengan Tangan kanan-Nya kemudian Dia menumbuhkan untuk pemiliknya sebagaimana salah seorang dari kalian merawat anak kudanya hingga menjadi seperti gunung. 

 

(2) Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Khuzaimah. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

 

وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَتَصَدَّقُ بِاللُّقْمَةِ فَتَرْبُو فِى يَدِ اللَّهِ – أَوْ قَالَ فِى كَفِّ اللَّهِ – حَتَّى تَكُونَ مِثْلَ الْجَبَلِ فَتَصَدَّقُوا

 

Dan sesungguhnya seorang laki-laki bersedekah dengan satu suapan, maka ia tumbuh di Tangan Allah –atau dia berkata, di Telapak Tangan Allah- sehingga ia menjadi seperti gunung. Maka bersedekahlah. 

Wallahu A'lam. (3.228)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar