Rabu, 28 Februari 2024

HADITS TENTANG RAMADHAN YANG MENDATANGKAN KEGEMBIRAAN

 

HADITS TENTANG RAMADHAN YANG MENDATANGKAN KEGEMBIRAAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Tentang bulan Ramadhan yang membuat orang orang beriman bergembira adalah sabda Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam yang menjelaskan tentang keutamaan Ramadhan   :

            ﻗَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥُ، ﺷَﻬْﺮٌ ﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ، ﺍﻓْﺘَﺮَﺽَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺻِﻴَﺎﻣَﻪُ، ﺗُﻔْﺘَﺢُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ، ﻭَﺗُﻐْﻠَﻖُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﺤِﻴﻢِ، ﻭَﺗُﻐَﻞُّ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟﺸَّﻴَﺎﻃِﻴﻦُ، ﻓِﻴﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔٌ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﻒِ ﺷَﻬْﺮٍ، ﻣَﻦْ ﺣُﺮِﻡَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺣُﺮِﻡَ

Telah datang kepada kalian Ramadhan, (1) Bulan yang diberkahi.  Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. (2) Pintu-pintu surga dibuka padanya. (3) Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup.  (4) Syaithan syaithan dibelenggu. (5) Di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi. (H.R Imam Ahmad),

Para ulama menjelaskan bahwa hadits ini menunjukkan bahwa  kita mestilah bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan SANGAT BANYAK KEBAIKAN YANG ADA PADANYA :

Pertama : Ibnu Rajab Al-Hambali.

Beliau berkata : Bagaimana tidak gembira ?. Seorang beriman diberi kabar gembira dengan terbukanya pintu-pintu surga. Tertutupnya pintu-pintu neraka. Bagaimana mungkin seorang yang berakal tidak bergembira jika diberi kabar tentang sebuah waktu yang di dalamnya para syaithan dibelenggu. Dari sisi manakah ada suatu waktu menyamai waktu ini (Ramadhan). Latha'if al Ma'arif)

Kedua : Syaikh Shalih Al-Fauzan.

Beliau berkata  : Hadits ini adalah kabar gembira bagi hamba Allah yang shalih dengan datangnya Ramadhan. Karena Nabi shallallahu alaihi wa sallam memberi kabar kepada para sahabat beliau radhiallahu ‘anhum mengenai datangnya Ramadhan. Ini bukan sekedar kabar semata, tetapi maknanya adalah bergembira dengan datangnya momen yang agung. (Ahaditsus  Shiyam).

Selain itu ketahuilah bahwa tentang bergembira dengan Ramadhan juga dijelaskan oleh  Dr. Abdurrahman as Sudais imam Masjidil Haram. Dalam satu khutbah di Masjidil Haram menjelang bulan Ramadhan  beberapa tahun yang lalu  menyebutkan : Wahai umat Islam !. BERGEMBIRALAH dengan kedatangan bulan Ramadhan yang mulia. Sebab Ramadhan merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kalian semuanya yaitu :

Pertama : Bagi orang orang yang taat ini kesempatan UNTUK MENAMBAH AMAL SHALIHNYA.

Kedua : Bagi orang orang yang selama ini mungkin penuh dosa, ini merupakan kesempatan paling berharga untuk MEMOHON AMPUN DAN BERTAUBAT, kembali kepada syariat Islam yang benar. (Dari Kumpulan Khutbah Masjidil Haram).

Oleh karena itu, para salaf dahulu berdoa kepada Allah Ta'ala agar dipertemukan dengan Ramadhan. Ibnu Rajab Al-Hambali mengatakan bahwa sebagian salaf berkata : Dahulu mereka (para salaf) berdoa kepada Allah selama enam bulan agar mereka dipertemukan lagi dengan Ramadhan.

Kemudian mereka juga berdoa selama enam bulan agar Allah menerima (amal amal shalih di Ramadhan yang lalu) mereka. (Latha'if al Ma'arij).

Wallahu A'lam. (3.249)

 

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar