Minggu, 15 Oktober 2017

MENDOAKAN ORANG YANG TELAH BERBUAT BAIK



MENDOAKAN ORANG YANG TELAH BERBUAT BAIK

Oleh : Azwir B. Chaniago

Dalam menjalani kehidupan ini, ternyata tidak ada manusia yang tidak memerlukan  pertolongan berupa kebaikan dari orang lain. Kebaikan itu bisa jadi berupa tenaga, harta dan ilmu serta nasehat. Bahkan kebaikan yang diberikan orang lain berupa ilmu dan nasehat terkadang lebih bermanfaat dari sekedar bantuan tenaga dan harta. 

Atas semua kebaikan itu  sangatlah dianjurkan untuk membalasnya. Ketahuilah bahwa membalas  kebaikan seseorang adalah juga merupakan kebaikan. Selain itu, terima kasih kita kepada seseorang yang telah berbuat baik atau membantu kita adalah juga merupakan bagian dari wujud syukur kita kepada Allah Ta’ala.

Rasulullah bersabda : “Laa yasykurullaha man laa yasykurunnaas”. Tidak bersyukur kepada Allah orang yang tidak berterima kasih kepada manusia (H.R Imam Ahmad)
Cara yang dianjurkan untuk membalas kebaikan adalah dengan sesuatu yang lebih baik sekiranya kita mampu.  Allah berfirman : Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik atau balaslah (penghormatan itu  yang sepadan) dengannya. Sungguh Allah memperhitungkan segala sesuatu (Q.S an Nisa’ 86).

Diantara balasan kebaikan yang  juga yang  penting  adalah tidak lupa mendoakan orang yang telah berbuat baik kepada kita. Rasulullah bersabda : “Barangsiapa telah berbuat kebaikan kepadamu maka balaslah kebaikannya itu. Jika engkau tidak mendapati apa yang dapat membalas kebaikannya itu maka berdoalah untuknya hingga engkau menganggap bahwa engkau benar benar telah membalas kebaikannya” (H.R Imam Bukhari dalam Adabul Mufrad, Imam Ahmad dan juga ahli hadits yang selainnya).

Diantara doa yang diajarkan Rasulullah untuk membalas kebaikan seseorang  adalah : “JAZAKALLAHU KHAIRAN Semoga Allah membalas (kebaikan) mu dengan kebaikan. (H.R Imam at Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

Sungguh ketika kita mendapat bantuan berupa kebaikan dari seseorang maka sangatlah dianjurkan untuk berdoa dengan lafazh ini karena ini adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam. Ketahuilah bahwa lafazh doa ini bersifat umum yaitu bermakna kebaikan di dunia dan di akhirat.

Doa ini juga mengandung makna bahwa kita mengharapkan balasan kebaikan dari Allah Ta’ala terhadap orang yang telah berbuat baik kepada kita. Dan bila balasan kebaikan itu datang dari Allah Subhanahu wa Ta’ala maka pastilah berupa balasan yang lebih baik, lebih banyak dan bahkan lebih berkah.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.144)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar