Selasa, 24 Oktober 2017

APA YANG DIMAKSUD DENGAN MAJLIS DZIKIR ?



APA YANG DIMAKSUD DENGAN MAJLIS DZIKIR ?

Oleh : Azwir B. Chaniago

Banyak saudara saudara kita memahami majlis dzikir yaitu dengan berkumpulnya orang melafazkan kalimat kalimat dzikir secara serentak satu suara dan dipandu oleh satu orang diantara mereka. Misalnya dengan melafazhkan   Subhanallah, Walhamdulillah, La ilahailallah dan Allahu Akbar dan lafazh lafazh lainnya dalam jumlah tertentu.

Apakah memang demikian  yang dimaksud dengan makna majlis dzikir. Sekarang mari kita lihat makna majlis dzikir  secara bahasa. Kata  majelis dzikir  berasal dari bahasa Arab.  Terdiri atas dua kata, yaitu majelis dan dzikir. Majelis artinya tempat duduk, tempat sidang, dewan sedangkan dzikir artinya mengingat Allah di antaranya dengan menyebut dan memuji Allah  .

Lalu menurut istilah, majlis dzikir bermakna sebagaimana dijelaskan oleh beberapa ulama, diantaranya :

Pertama : Abu Hazzan Atha’ berkata : (Majlis dzikir) Yaitu majelis tentang halal dan haram. Majelis yang mengajari bagaimana kamu shalat, puasa, menikah, talak, dan bagaimana kamu berjual-beli.” (Al Hilyah).

Kedua : Imam Al Qurthubi mengatakan: “Majelis dzikir adalah majelis ilmu dan nasehat (peringatan). Yaitu majelis yang diuraikan padanya firman-firman Allah, Sunnah Rasul-Nya dan keterangan para salafus shalih serta imam-imam ahli zuhud yang terdahulu, jauh dari kepalsuan dan kebid’ahan yang penuh dengan tujuan-tujuan yang rendah dan ketamakan.” (Fiqih Sunnah).

Ketiga : Al Manawi mengatakan: “Hujjatul Islam (Imam al Ghazali, pen.) berkata: Yang dimaksud dengan majelis dzikir adalah, tadabbur Al Quran, mempelajari agama, dan menghitung-hitung ni’mat yang telah Allah berikan kepada kita.” (Lihat Faidlul Qadir).

Jadi majlis dzikir bukan berarti sekedar beramai ramai membaca lafazh lafazh dzikir tetapi jauh lebih luas dari itu yakni majlis ilmu yaitu majlis yang dihadiri orang banyak untuk memperlajari ilmu syar’i. 

Sungguh hadir di majlis dzikir adalah suatu yang sangat dianjurkan. Ketahuilah bahwa majlis dzikir atau majlis ilmu memiliki keutamaan yang sangat banyak, diantaranya : 

Pertama : Dimudahkan jalan menuju surga.
Diantara keutamaan belajar ilmu adalah dimudahkan jalan menuju surga. Rasulullah bersabda : “Waman salaka thariiqan yaltamisu fiihi ‘ilman, sahhalallahu lahu bihi thariiqan ilal jannah.” Dan barang siapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu maka Allah mudahkan jalan baginya menuju Surga. (H.R Imam Muslim, dari Abu Hurairah)

Kedua : Diampuni dosa dosanya.
Orang orang beriman yang hadir di majlis ilmu akan diampuni dosanya dan diberi surga serta dilindungi pula dari neraka. Demikian dijelaskan dalam satu hadits qudsi yang diriwayatkan dari Abu Hurairah.

Allah Ta’ala berfirman : “Sungguh Aku telah mengampuni mereka (yang hadir di majlis ilmu) maka Aku berikan kepada mereka apa yang mereka minta (surga) dan Aku lindungi mereka dari neraka” (H.R Imam Muslim).

Ketiga : Turun sakinah dan rahmat-Nya.
Dan juga merupakan salah satu keutamaan hadir di majlis dzikir atau majlis ilmu adalah sebagaimana dijelaskan Rasulullah dalam sabda beliau : “Dan tidaklah sekelompok orang berkumpul di dalam satu rumah di antara rumah rumah Allah, mereka membaca Kitab Allah dan saling belajar diantara mereka kecuali ketenangan turun kepada mereka, rahmat meliputi mereka. Malaikat mengelilingi mereka dan Allah menyebut nyebut mereka dikalangan (para Malaikat) dihadapan-Nya”. (H.R Imam Muslim, at Tirmidzi dan yang lainnya). 

Oleh karena itu maka seorang hamba akan berusaha menyediakan waktu untuk bisa hadir di majlis majlis dzikir atau majlis ilmu agar mendapatkan keutamaannya. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.157)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar