Selasa, 22 November 2016

SEORANG MUSLIM DITUNTUT BERAKHLAK MULIA



SEORANG MUSLIM DITUNTUT AGAR BERAKHLAK MULIA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh berakhlak mulia sangat diutamakan dalam syariat Islam.   Seorang hamba senantiasa dituntut agar selalu menjaga akhlak yang mulia. Tidaklah dapat kita bayangkan keburukan apa yang akan menimpa kehidupan manusia jika setiap orang tidak berusaha menjaga akhlaknya terhadap sesama. 
 
Begitu pentingnya mengamalkannya maka akhlak mulia    merupakan salah satu tujuan di utusnya Rasulullah yaitu untuk menyempurnakan akhlak yang mulia. Rasulullah bersabda : Innamaa bu’istu li utammima shalihal akhlaq. Sesungguhnya aku hanya di utus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia (H.R Imam Bukhari dalam Adabul Mufrad, Imam Ahmad dalam Musnadnya dan al Hakim dalam Mustadrak).

Ketahuilah bahwa akhlak yang mulia bukan sekedar muamalah dan pergaulan sehari hari tapi   terkait dengan keimanan  atau aqidah seorang hamba. Rasulullah bersabda : “Akmalul mu’miniinaa ahsanuhum khuluqan wa khiyaarukum, khiyaarukum li nisaa-ihim”. Orang mukmin yang paling sempurna keimanannya adalah dia yang memiliki akhlak terbaik, yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik akhlaknya kepada istrinya. (H.R Imam Tirmidzi).

Berakhlak mulia merupakan pemenuhan atau realisasi dari perintah  Allah dalam firman-Nya : “Khudzil ‘afwa wa’mur bil’urfi wa a’ridh ‘anil jaahiliin”. Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan kebaikan serta berpalinglah dari orang orang yang bodoh.(Q.S al A’raf 199).

Syaikh as Sa’di berkata : Ayat ini mengumpulkan kebaikan akhlak dengan manusia dan apa yang harus dilakukan dalam bergaul dengan mereka. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).
Sungguh Rasulullah sangat memperhatikan keutamaan akhlak dalam bergaul dengan sesama. Beliau mengingatkan kita dalam sebuah hadits : ‘Wa khaliqin naasa bi khuluqin hasan”. Dan pergauilah manusia dengan akhlak yang baik. (H.R Imam Ahmad, at Tirmidzi, ad Darimi, al Hakim dan ath Thabrani, dihasankan oleh Syaikh al Albani).

Sangatlah banyak ulama dari dahulu menulis kitab tentang adab dan akhlak karena begitu pentingnya akhlak yang mulia bagi seorang hamba. Bahkan Imam al Bukhari secara khusus mengumpulkan hadits hadits tentang akhlak.  Beliau menulis Kitab Adabul Mufrad yang berisi lebih dari 1.300 hadits yang menjelaskan akhlak.

Oleh karena itu sangatlah dianjurkan bagi setiap muslim berdoa memohon akhlak yang baik. Diantara doa yang diajarkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam adalah diriwayatkan dari Aisyah dan Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhuma bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam biasa berdoa: “Allahhumma has anta khalqi fa hassan khulaqii”. Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku maka perindahlah pula akhlakku. (H.R Imam Ahmad).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (871).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar