Kamis, 10 November 2016

MANUSIA PASTI AKAN DITANYA DI YAUMIL AKHIR



MANUSIA PASTI AKAN DITANYA DI YAUMIL AKHIR

Oleh : Azwir B. Chaniago

Bagi kebanyakan manusia, kehidupan dunia ini terlihat indah sehingga mereka selalu berusaha mengejar harta dunia serta berbagai kenikmatannya. Namun demikian ketahuilah bahwa manusia akan ditanya tentang seluruh kenikmatan yang diperolehnya dari Allah Ta’ala pada hari Kiamat.

Allah berfirman : “Tsumma la tus-alunna yauma-idzin  ‘anin na’iim”. Kemudian  kamu pasti akan ditanya pada hari itu tentang kenikmatan. (Q.S at Takaatsur 8).
Para ulama tafsir menjelaskan tentang kenikmatan apa saja yang akan ditanya dan siapa yang akan ditanya di Yaumil akhir nanti, diantaranya :

Pertama : Maka kenikmatan yang akan ditanyakan pada hari kiamat itu umum meliputi semua kenikmatan seperti waktu luang, kelengkapan panca indra, kelezatan makanan dan minuman, makan pagi. Siang dan malam, kenyangnya perut, segarnya minuman, naungan tempat tinggal, keseimbangan badan, kenikmatan tidur, kebahagiaan jiwa dan yang lainnya dari nikmat nikmat Allah Ta’ala yang tidak terbatas. (Tafsir al Qurtubi)
Kedua : Kemudian pada hari itu kamu akan ditanya tentang syukur terhadap nikmat nikmat yang Allah Ta’ala telah berikan kepada kamu, berupa kesehatan, keamanan, rizki dan yang lainnya. (Tafsir Ibnu Katsir).

Ketiga : Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin dalam Kitab Tafsir Juz ‘Amma berkata : Pendapat yang benar adalah bahwa semua orang kafir dan orang mukmin akan ditanya tentang nikmat tersebut. Perbedaannya, pertanyaan yang ditujukan kepada orang kafir sebagai penghinaan dan celaan bagi mereka sementara orang mukmin ditanya untuk mengingatkan mereka tentang nikmat tersebut. Dalilnya adalah sebuah hadits  dari Abu Hurairah diriwayatkan Imam Muslim menceritakan kisah yang terjadi antara Rasulullah, Abu Bakar dan Umar pada tahun paceklik. (Insya Allah haditsnya akan disebutkan dibawah ini, pen.)  

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah menjelaskan kepada kita umatnya, tentang beberapa nikmat nikmat yang akan ditanyakan pada yaumil akhir, diantaranya :
Pertama : Dari Ibnu Mas’ud, dari Nabi Salallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda : “Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba ketika hari Kiamat kelak hingga ia ditanya : (1) Tentang umurnya untuk apa ia habiskan. (2) Tentang ilmunya untuk apa dia amalkan. (3) Tentang hartanya dari mana dia dapatkan dan untuk apa ia belanjakan. (4) Tentang badannya untuk apa dia letihkan. (H.R Imam at Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam Silsilah Hadits Shahih).

Kedua : Rasulullah bersabda  “Sesungguhnya pertanyaan yang pertama kali diajukan kepada hamba pada hari Kiamat ialah tentang kenikmatan yang ditanyakan kepadanya : Bukankah Kami sudah membuat badanmu sehat dan memberimu minum dengan air yang segar. (H.R at Tirmidzi)

Sungguh pertanyaan pada yaumil akhir pasti adanya. Diriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata : Pada suatu hari (di tahun paceklik) Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam keluar rumah dan bertemu dengan Abu Bakar dan Umar, beliau bersabda : “Mengapa pada waktu seperti ini kalian keluar rumah ?. Abu Bakar dan Umar menjawab : Kami sedang lapar wahai Rasulullah !.

Rasulullah bersaba : “Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, kalau begitu kita sama, marilah ikut aku”.  Maka mereka pun mengikuti Rasulullah mendatangi seorang Anshar. Akan tetapi dia sedang tidak berada di rumah. Ketika istri lelaki Anshar ini elihat Rasulullah dia menyambutnya sembari berkata : Ahlan wa sahlan. Rasulullah bertanya : “Mana si Fulan ?. Wanita itu menjawab : Dia sedang mengambil air.  
     
Lalu  lelaki Anshar itu datang  melihat ke arah Rasulullah dan kedua temannya (Abu Bakar dan Umar). Seraya berkata : Segala puji bagi Allah, pada hari ini tidak seorang pun yang didatangi tamu yang paling mulia selain aku.

Kemudian ia pergi dan kembali membawa setandan kurma yang masih mentah, yang hampir matang dan yang sudah matang, lalu berkata : Silahkan makan. Kemudian ia mengambil pisau. Rasulullah bersabda : Janganlah  engkau menyembelih kambing yang masih menyusui !.
Setelah kambing disembelih mereka pun makan daging kambing, setandan kurma kemudian minum. Rasulullah bersabda kepada Abu Bakar dan Umar : “Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, kalian akan ditanya tentang nikmat ini nanti di hari Kiamat. Rasa lapar telah mengeluarkan kalian dari rumah kemudian sebelum pulang kalian telah merasakan nikmat ini. (H.R Imam Muslim).

Oleh karena itu mari kita siapkan jawaban terbaik  atas pertanyaan tentang semua nikmat yang telah Allah Ta’ala anugerahkan kepada kita.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (863)
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar