Rabu, 06 Juli 2016

KEUTAMAAN PUASA SUNNAH PERTENGAHAN BULAN



KEUTAMAAN PUASA SUNNAH PERTENGAHAN BULAN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Allah Ta’ala telah mewajibkan orang orang yang beriman untuk melakukan shaum wajib selama satu bulan di bulan Ramadhan. Ini sebagaimana diperintahkan Allah Ta’ala  dalam firman-Nya  : “Yaa aiyuhalladzi naamanu kutiba ‘alaikumush shiam, kamaa kutiba ‘alalladzina min qablikum, la’allakum tattaquun.” Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan kepada kamu untuk berpuasa, sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu, mudahan-mudahan kamu menjadi orang orang yang bertakwa (Q.S al Baqarah 183).

Selain itu Allah Ta’ala, dengan kasih sayang-Nya, telah menetapkan berbagai macam waktu untuk melaksanakan puasa sunnah diluar bulan Ramadhan. Diantaranya adalah  puasa ayyamul bidh. Kata ayyaam adalah jamak dari al-yaum yang berarti hari dan bidh itu artinya putih. Jadi ayyaamul bidh artinya adalah hari hari putih atau cemerlang atau purnama. Dalam Islam disunnahkan pada hari-hari tersebut untuk melakukan puasa 3 hari, yakni tanggal ke-13, 14 dan 15 dari penanggalan Hijriyyah. Ini adalah kesempatan bagi orang orang yang beriman untuk mendapatkan tambahan kebaikan dari amalan puasa sunnah.

Diantara dalil disyariatkannya puasa sunnah ayyamul bidh adalah :

Pertama : Abu Dzarr berkata : “Rasulullah memerintahkan kepada kami untuk puasa pada hari hari purnama, yaitu tanggal 13, 14 dan 15”. (H.R Imam Ahmad, an Nasa’i dan Ibnu Hibban).

Kedua : Dari Abu Dzarr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 ” (H.R at Tirmidzi)

Ketiga : Nabi tidak pernah meninggalkan puasa tiga hari ini. Bahkan disebutkan bahwasanya Rasulullah selalu berpuasa pada hari purnama ini, baik pada saat mukim maupun pada saat safar. (H.R an Nasa’i dan ath Thabrani) 

Keempat : Dari Abu Hurairah radhiyallahuanhu, ia berkata : “Kekasihku (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: (1)  Berpuasa tiga hari setiap bulannya (2)  Mengerjakan shalat Dhuha (3)  Mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (H.R Imam Bukhari)

Ketahuilah bahwa   puasa ayyamul bidh atau puasa sunat tiga hari pada setiap bulan yaitu tanggal 13, 14 dan 15 bulan Qamariyah/Hijriyah ini memiliki keutamaan yang sangat besar yaitu  sama nilainya dengan puasa sepanjang tahun.  

“An ‘abdillahi ibna ‘amrin, Qaala : Qaalali rasuulullahi salallahu ‘alaihi wasallam : Shaum min kulli syahrin tsalatsata aiyaamin fa innal hasanata bi’asyri amtsaalihaa, wa dzalika mitslu shiyaamid dahri.” Dari Abdullah bin Amr, ia berkata : Rasulullah pernah bersabda kepadaku : Berpuasalah setiap bulan tiga hari, karena sesungguhnya satu kebaikan dikalikan sepuluh, sehingga puasa itu sama dengan puasa setahun. (Muttafaq ‘alaihi).

Sungguh kesempatan meraih nilai pahala puasa sepanjang tahun ini diberikan Allah karena kasih sayang-Nya kepada orang orang yang beriman. Jadi sangatlah baik untuk dilazimkan agar mendapat pahala yang besar. 

Selain itu, puasa sunnah adalah bagian dari ibadah sunnah yang sangat dianjurkan yang akan mendatangkan kecintaan Allah Ta’ala. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahualaihi wa sallam bersabda : “Allah Ta’ala berfirman: Barangsiapa memerangi wali (kekasih)-Ku, maka Aku akan memeranginya. Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan wajib yang Kucintai. Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya.

Jika Aku telah mencintainya, maka Aku akan memberi petunjuk pada pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, memberi petunjuk pada penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, memberi petunjuk pada tangannya yang ia gunakan untuk memegang, memberi petunjuk pada kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia memohon sesuatu kepada-Ku, pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti Aku melindunginya.” (H.R Imam Bukhari)

Itulah sebagian dari keutamaan   amalan puasa sunnah 3 hari pada pertengahan bulan Hijriah. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua.
Wallahu A’lam (711)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar