Minggu, 22 Maret 2020

TIGA ANCAMAN BERAT BAGI PELAKU KESYIRIKAN


TIGA ANCAMAN YANG MEMBINASAKAN BAGI PELAKU KESYIRIKAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Imam adz Dzahabi dalam Kitab al Kaba’ir mencantumkan DOSA SYIRIK atau MENYEKUTUKAN ALLAH pada urutan pertama. 

Dalam kitab itu beliau juga menjelaskan tentang makna syirik yaitu : Engkau menjadikan adanya sekutu bagi Allah. Padahal Dia-lah yang telah menciptakan kamu. Engkau beribadah kepada-Nya dan juga beribadah kepada selain-Nya, seperti menyembah kepada batu, manusia, matahati, bulan, nabi, syaikh, jin, bintang, malaikat dan lain sebagainya.

Sungguh Allah Ta’ala telah memberikan ancaman yang sangat berat dan membinasakan  bagi orang orang yang melakukan kesyirikan, diantaranya adalah :

Pertama : Yang berbuat syirik amalnya terhapus. Allah Ta’ala berfirman :
 
وَلَقَدْ أُوحِىَ إِلَيْكَ وَإِلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ ٱلْخَٰسِرِينَ

Dan sungguh, telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi nabi) sebelummu. Sungguh jika engkau mempersekutukan (Allah) niscaya akan HAPUSLAH AMALMU dan tentulah engkau termasuk orang yang merugi. (Q.S az Zumar 65)

Syaikh as Sa’di berkata : Ini mencakup setiap amal perbuatan. “Dan tentulah engkau termasuk orang yang merugi”. (Merugi) untuk agama dan akhiratmu. Jadi disebabkan perbuatan syirik maka amal amal kebaikanmu di hapuskan dan dipastikan berhak mendapat siksaan dan hukuman. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Allah Ta’ala berfirman :

وَلَوْ أَشْرَكُوا۟ لَحَبِطَ عَنْهُم مَّا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ
 
Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, PASTI lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan. (Q.S al An’am 88).

Kedua : Yang berbuat syirik dosanya tak diampuni.

Sungguh tak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Allah Ta’ala. Oleh karena itu sungguh merugi orang yang berbuat syirik karena dosa mereka tak diampuni. Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِۦ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَن يَشَآءُ ۚ

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) KARENA MEMPERSEKUTUKAN-NYA (melakukan kesyirikan) dan Dia mengampuni (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. (Q.S an Nisa’ 48).

Ketiga : Yang berbuat syirik  diharamkan masuk surga. Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّهُۥ مَن يُشْرِكْ بِٱللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ ٱللَّهُ عَلَيْهِ ٱلْجَنَّةَ وَمَأْوَىٰهُ ٱلنَّارُ ۖ وَمَا لِلظَّٰلِمِينَ مِنْ أَنصَارٍ

Sesungguhnya barangsiapa mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah maka sungguh ALLAH MENGHARAMKAN SURGA BAGINYA dan tempatnya ialah neraka.
Dan tidak ada satu penolong pun bagi orang yang zhalim itu. (Q.S al Maidah 72).

Sungguh sangatlah berat ancaman Allah Ta’ala  bagi orang yang melakukan kesyirikan. Oleh karena itu maka orang orang yang masih melakukan perbuatan syirik, SANGAT SANGAT DIANJURKAN UNTUK SEGERA BERTAUBAT agar terhindar dari kebinasaan. Dan juga kita berdoa kepada  Allah Ta’ala agar dijauhkan dari perbuatan syirik yang membinasakan.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وَأَنَا أَعْلَمُ ، وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لاَ أَعْلَمُ

Yaa Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada Mu dari berbuat kesyirikan ketika aku mengetahuinya dan aku memohon ampunan Mu ketika aku tidak mengetahuinya. (H.R Imam Bukhari, dalam Adabul Mufrad)

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.921).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar