Jumat, 06 Maret 2020

BANYAK BERISTIGHFAR DAN BERSYUKUR TERHINDAR DARI ADZAB


BANYAK BERISTIGHFAR DAN BERSYUKUR 
TERHINDAR DARI ADZAB

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Orang orang beriman SANGATLAH TAKUT terhadap adzab Allah Ta’ala. Takut terhadap adzab di dunia yang bisa datang  sewaktu waktu  tersebab dosa dosa. Apalagi adzab di akhirat yang sangat pedih dan bisa berkepanjangan.

Sungguh sangatlah banyak jalan atau cara yang diajarkan Allah Ta’ala melalui Rasul-Nya agar manusia terhindar dari adzab-Nya. Yang paling pokok adalah selalu menjaga iman, melakukan yang diperitahkan dan berhenti dari yang dilarang Allah Ta’ala.

Selain itu, Allah Ta’ala juga menjelaskan bahwa ada banyak perkara yang bisa menghindarkan orang orang beriman dari adzab, dua diantaranya adalah :

Pertama : Banyak memohon ampun
Sungguh orang orang selalu beristighfar terhambat dari adzab Allah, yaitu sebagaimana firman-Nya :

 وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Dan tidaklah (pula) Allah akan mengadzab mereka sedang mereka (masih) memohon ampunan. (Q.S al Anfaal 33). 

Syaikh as Sa’di berkata : Ini adalah pencegah adzab dari mereka pada hal sebab sebab turunnya adzab itu telah tercapai. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

الْعبدُ آمنٌ من عذابِ الله عزَّ وجلَّ ما اسٌتغفرَ الله عزَّ وجلَّ 

Hamba akan aman dari adzab Allah ‘Azza wa Jalla selama dia beristighfar, meminta ampun kepada Allah ‘Azza wa Jalla. (H.R Imam Ahmad).

Kedua : Banyak bersyukur

Diantara perkara yang juga bisa menghindari adzab adalah senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan Alah Ta’ala. Dengan banyak bersyukur maka datang ridha Allah. Ketika ridha-Nya datang kepada seseorang tentulah adzab-Nya akan dijauhkan. Allah Ta’ala berfirman :

وَإِن تَشْكُرُوا۟ يَرْضَهُ لَكُمْ ۗ

Jika kamu bersyukur, Dia meridhai kesyukuranmu itu. (Q.S az Zumar 7)  

Syaikh as Sa’di berkata : “Jika kamu bersyukur” kepada Allah Ta’ala dengan cara meng-Esakan-Nya dan memurnikan agama (ketaatan)kepada-Nya, “niscaya Dia meridhainya bagimu” , karena sifat rahmat-Nya  kepada kalian dan kecintaan-Nya untuk melimpahkan karunia kepada kalian serta karena kalian mengerjakan tujuan kalian diciptakan.

Allah Ta’ala berfirman :

مَّا يَفْعَلُ ٱللَّهُ بِعَذَابِكُمْ إِن شَكَرْتُمْ وَءَامَنتُمْ ۚ وَكَانَ ٱللَّهُ شَاكِرًا عَلِيمًا

Allah tidak akan mengadzabmu jika kamu BERSYUKUR DAN BERIMAN. Dan Allah Maha Mensyukuri dan Maha Mengetahui. (Q.S an Nisa’ 147).

Oleh karena setiap hamba hendaklah senantiasa banyak beristighfar dan bersyukur kepada Allah Ta’ala, sehingga terhindar dari berbagai adzab baik di dunia maupun di akhirat kelak. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.907)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar