Minggu, 29 Maret 2020

APAKAH RIZKI PERLU DIBURU SEPANJANG WAKTU ??


APAKAH RIZKI PERLU DIBURU SEPANJANG WAKTU ??

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Dalam syariat Islam sangat dianjurkan mencari rizki (yang halal) agar  hamba hamba Allah bisa : (1) Memenuhi kebutuhan hidup diri dan keluarga serta rang orang yang dalam tanggungannya. (2) Untuk menjaga kehormatan dan harga diri agar tidak hidup sebagai peminta minta. (3) Bisa membantu orang lemah dan kekurangan. (4) Bisa melakukan ibadah yang membutuhkan biaya besar seperti ibadah haji dan umrah, membangun masjid, madrasah, pesantren dan yang lainnya.

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam menyebutkan perumpamaan tentang bagaimana burung keluar dari sarangnya di pagi hari dan berusaha  mencari rizki bagi dirinya. Beliau bersabda :

لَوْ أَنَّكُمْ تَتَوَكَّلُونَ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرَزَقَكُمْ كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ تَغْدُو خِمَاصاً وَتَرُوحُ بِطَاناً

Seandainya kalian betul-betul bertawakkal pada Allah, sungguh Allah akan memberikan kalian rizki sebagaimana burung mendapatkan rizki. Burung tersebut PERGI PADA PAGI HARI dalam keadaan lapar dan kembali sore harinya dalam keadaan kenyang. (H.R Imam Ahmad, Ibnu Majah, at Tirmidzi dan Ibnu Hibban, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Ketahuilah bahwa sungguh, Allah Ta’ala telah menjamin rizki untuk semua makhluk-Nya. Allah Ta’ala berfirman :

 وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semua dijamin Allah rizkinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata.  (Q.S Huud 6).

Bahkan  Allah Ta’ala membagi nikmat rizki kepada hamba hamba-Nya tanpa dihitung hitung, sesuai dengan kehendak-Nya. Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّ اللَّهَ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Sesungguhnya Allah memberi rizki kepada siapa yang Dia kehendaki tanpa perhitungan. (Q.S Ali Imran 37).

Dalam membagi rizki, Allah Ta’ala dengan hikmah-Nya, melebihkan seseorang dari yang lain. Allah Ta’ala berfirman : 

وَٱللَّهُ فَضَّلَ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ فِى ٱلرِّزْقِ ۚ

Dan Allah melebihkan sebagian kamu atas sebagian yang lain dalam hal rizki. (Q.S an Nahal 71)

Allah Ta’ala berfirman : 

أَوَلَمْ يَعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ يَبْسُطُ ٱلرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ وَيَقْدِرُ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Dan tidaklah mereka mengetahui bahwa Allah melapangkan rizki bagi siapa yang Dia kehendaki dan membatasinya (bagi siapa yang Dia kehendaki) ?. Sesungguhnya yang demikian itu terdapat tanda tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berakal. (Q.S az Zumar 52).

Oleh karena itu SEKERAS APAPUN USAHA seorang hamba untuk mendapatkan rizki yang banyak sesuai keinginannya, tidaklah dia akan memperoleh kecuali apa yang telah ditetapkan Allah Ta’ala baginya. Allah telah menetapkan ukuran yang paling tepat bagi setiap hamba hamba-Nya. Allah Ta’ala berfirman :

وَلَوْ بَسَطَ اللَّهُ الرِّزْقَ لِعِبَادِهِ لَبَغَوْا فِي الْأَرْضِ وَلَٰكِنْ يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّهُ بِعِبَادِهِ خَبِيرٌ بَصِيرٌ

Dan sekiranya Allah melapangkan rizki kepada hamba hamba-Nya niscaya mereka akan berbuat melampaui batas di bumi. Tetapi Dia menurunkan (rizki) dengan UKURAN YANG DIA KEHENDAKI. Sungguh Dia Mahateliti terhadap (keadaan) hamba hamba-Nya, Maha Melihat. (Q.S asy Syura 27)

Ingatlah saudaraku, sungguh yang perlu dikejar bahkan berlomba mendapatkannya adalah BEKAL UNTUK MENGHADAPI HARI AKHIRAT DENGAN SELAMAT. Ini tidak dijamin KECUALI BEBERAPA SAHABAT YANG DIJAMIN RASULULLAH SALALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM untuk masuk surga.

Oleh karena itu setiap hamba janganlah menghabiskan umur dengan terus menerus memburu rizki dunia apalagi  sampai membuat terlantar amal shalihnya. Teruslah   memperkokoh iman yaitu iman yang melahirkan amal shalih. Sungguh IMAN DAN AMAL SHALIH adalah modal memasuki SURGA DENGAN SELAMAT. Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْكَبِيرُ

Sungguh orang orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih mereka akan mendapat surga yang mengalir di bawahnya sungai sungai. Itulah kemenangan yang agung. (Q.S al Buruj 11).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.927)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar