Sabtu, 28 Maret 2020

MEMBACA SUBHANALLAHI WA BIHAMDIH BANYAK KEUTAMAANNYA


MEMBACA SUBHANALLAHI WA BIHAMDIH BANYAK KEUTAMAANNYA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Setiap kali selesai melakukan shalat shubuh dan shalat ashar maka hamba hamba Allah sangatlah dianjurkan untuk membaca DZIKIR PAGI dan DZIKIR PETANG. Dzikir pagi dan petang ini dibaca dengan terlebih dahulu membaca dzikir setelah shalat fardhu yaitu dzikir yang biasa kita baca setelah salam pada setiap  shalat fardhu.

Ketahuilah bahwa salah satu bacaan yang merupakan rangkaian atau bagian dari lafazh dzikir pagi dan petang adalah :

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ

Subhanallahu wa bihamdih. Mahasuci Allah dan segala pujian hanya bagi-Nya.
Sungguh sangatlah banyak keutamaan dan manfaat yang akan diperoleh hamba hamba Allah yang membaca kalimat tasbih ini sebanyak 100 kali.  Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah menjelaskan dalam beberapa sabda beliau, diantaranya adalah :

Pertama : Hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu :

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ قَالَ حِيْنَ يُصْبِحُ وَحِيْنَ يُمْسِي : سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ ، مِئَةَ مَرَّةٍ ، لَمْ يَأْتِ أَحَدٌ يَوْمَ القِيَامَةِ بِأفْضَلَ مِمَّا جَاءَ بِهِ ، إِلاَّ أحَدٌ قَالَ مِثْلَ مَا قَالَ أَوْ زَادَ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan ini ketika pagi dan petang hari: SUBHANALLAHI WA BIHAMDIH (Mahasuci Allah dengan segala pujian hanya bagi-Nya), seratus kali, tidak ada seorang pun yang lebih baik daripada yang ia bawa pada hari kiamat, kecuali seseorang yang mengucapkan yang sama seperti yang ia ucapkan atau lebih dari itu. (H.R Imam Muslim)

Kedua : Hadits dari Mush’ab bin Sa’ad bin Abi Waqqash dari ayahnya.

عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدٍ بن أبي وقاص ، حَدَّثَنِي أَبِي قَالَ : كُنَّا عِنْدَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقَالَ : ( أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ أَنْ يَكْسِبَ ، كُلَّ يَوْمٍ أَلْفَ حَسَنَةٍ ؟ ) فَسَأَلَهُ سَائِلٌ مِنْ جُلَسَائِهِ : كَيْفَ يَكْسِبُ أَحَدُنَا أَلْفَ حَسَنَةٍ ؟ قَالَ : ( يُسَبِّحُ مِائَةَ تَسْبِيحَةٍ ، فَيُكْتَبُ لَهُ أَلْفُ حَسَنَةٍ ، أَوْ يُحَطُّ عَنْهُ أَلْفُ خَطِيئَةٍ

Dari Mush’ab bin Sa’ad bin Abi Waqqash dimana ia menceritakan sebuah hadis dari ayahnya, dia berkata, ketika itu kami bersama Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam , kemudian beliau bersabda : Mampukan kalian mengerjakan setiap harinya seribu kebaikan ?.  Bertanya seseorang dari tempat dia duduk : Bagaimana bisa salah satu dari kita  melakukan seribu kebaikan ?. Lalu beliau bersabda :  Bertasbihlah seratus kali tasbih, maka akan ditulis baginya seribu kebaikan, atau akan dihapus darinya seribu kesalahan. H.R Imam Muslim dan at Tirmizi).

Ketiga : Hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

مَنْ قَالَ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ فِي يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ حُطَّتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ

Barangsiapa yang mengucapkan : SUBHANALLAHI WABIHAMDIH (Mahasuci Allah dan  segala pujian hanya bagi-Nya) sehari 100 (seratus) kali, maka kesalahan-kesalahannya akan diampuni (Allah) walaupun sebanyak buih di lautan. (H.R Imam Bukhari  dan Imam Muslim).

Oleh karena itu, hamba hamba Allah hendaklah senantiasa membaca dzikir pagi seusai shalat shubuh dan dzikir petang seusai shalat ashar. Dengan demikian ada kesempatan membaca : SUBHANALLAHI WABIHAMDIH, dua ratus kali sehari. 

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.925).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar