Sabtu, 28 Maret 2020

BANYAK BERDOA KETIKA SENANG DAN JUGA KETIKA SUSAH


BANYAK BERDOA KETIKA SENANG DAN JUGA 
KETIKA SUSAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Allah Ta’ala telah memberi kebaikan dan banyak nikmat kepada hamba hamba-Nya. Bahkan nikmat itu tak terhitung jenis dan jumlahnya. Allah Ta’ala berfirman :

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ

Dan jika kamu menghitung nikmat Allah niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh manusia itu sangat zhalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah). Q.S Ibrahim 34. 
 
Kemudian dengan kasih sayang-Nya, Allah Ta’ala menyuruh hamba hamba-Nya untuk meminta tambahan nikmat melalui doa. Allah Ta’ala berfirman :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Rabb-mu berfirman : Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina. (Q.S al Ghafir 60).

Allah Ta’ala berfirman :

وَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (Q.S an Nisa’ 32)

Oleh sebab itu hamba hamba Allah hendaklah banyak berdoa memohon segala yang dibutuhkan terutama sekali keselamatan dan juga kebakan di dunia dan di akhirat.

Kalau kita perhatikan, ada  saudara saudara kita yang sering berdoa bahkan sangat khusyu’ berdoa yaitu pada saat KEADAANNYA SANGAT SUSAH. Lagi didatangi banyak masalah berat. Diantaranya adalah ketika mendapat musibah berupa sakit yang tak kunjung sembuh, rizki terasa seret, dizhalimi orang lain dan yang lainnya.

Dengan keadaan yang demikian sulit, maka ketika seorang hamba berdoa dan memohon kebaikan kepada Allah Ta’ala SUNGGUH SANGATLAH TEPAT DAN TERPUJI.

Tapi ingatlah, wahai saudaraku, para hamba hamba Allah JANGANLAH HANYA BERDOA PADA SAAT SEMPIT, SUSAH DAN KEADAAN SULIT SAJA. Sungguh sangat dianjurkan pula berdoa dalam keadaan senang, dalam keadaan sehat, hati sedang berbunga bunga,  kehidupan lagi terasa indah dan rizki mengalir deras.

Syaikh Abdul ‘Aziz as Sayyid Nada berkata : Hendaknya seseorang memperbanyak berdoa pada saat saat lapang agar Allah Subhanahu wa Ta’ala mengabulkan permintaannya pada saat saat sempit. (Lihat Kitab Ensiklopedi Adab Islam).

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يَسْتَجِبَ اللَّهُ لَهُ عِنْدَ الشَّدَائِدِ وَالْكَرْبِ فَيَكْثُرُ الدَّعَاءَ فِى الرَّخَاءِ

Barangsiapa yang suka Allah mengabulkan doanya pada saat saat sempit dan kesulitan, hendalah dia banyak berdoa pada saat saat lapang. (H.R Imam at Tirmidzi dan al Hakim).   

Kesimpulannya, hamba hamba Allah wajib untuk selalu mengingat Allah Ta’ala setiap waktu dan dalam berbagai keadaan  melalui doa dan dzikir. Allah Ta’ala berfirman :

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Maka ingatlah kepada-Ku, Akupun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku. (Q.S al Baqarah 152)

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.926)
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar