Sabtu, 21 Maret 2020

BERDOA KETIKA BERANGKAT KE MASJID


BERDOA KETIKA BERANGKAT KE MASJID

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Setiap hari, orang orang  beriman pergi atau berangkat ke masjid untuk melaksanakan shalat fardhu lima kali sehari semalam. Itulah salah satu kewajiban orang beriman dan tak boleh ditinggalkan kecuali ada udzur syar’i. 

Ketahuilah bahwa dalam hal ini Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah mengajarkan satu doa ketika berangkat ke masjid, baik untuk melaksanakan shalat fardhu ataupun keperluan lainnya  yaitu doa sebagaimana yang disebutkan dalam sabda beliau yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, berikut ini :

اللَّهُمَّ اجْعَلْ في قَلْبِي نُوراً وفي لِسانِي نُوراً وَاجْعَلْ في سَمْعِي نُوراً وَاجْعَلْ في بَصَري نُوراً وَاجْعَلْ مِنْ خَلْفِي نُوراً وَمِنْ أمامي نُوراً وَاجْعَلْ مِنْ فَوْقي نُوراً وَمِنْ تَحْتِي نُوراً اللَّهُمَّ أعْطِني نُوراً

Ya Allah, jadikanlah di hatiku cahaya, di lisanku cahaya, di pendengaranku cahaya, di pandanganku cahaya, di belakangku cahaya, di depanku cahaya, di atasku cahaya, dan di bawahku cahaya. Ya Allah, berilah aku cahaya.

Selain itu, juga sangat dianjurkan untuk berdoa ketika masuk masjid, sebagaimana doa yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, yaitu  :

أَعُوذُ بِاللَّهِ الْعَظِيمِ، وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيمِ، وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيمِ، مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Aku berlindung kepada Allah yang Maha Agung, dengan wajah-Nya yang Mulia, dengan kekuasan-Nya yang langgeng, dari godaan setan yang terkutuk.

Diantara keutamaan doa ini adalah  sebagaimana disebutkan dari Abdullah bin Amr bin Ash radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika masuk masjid, beliau membaca doa di atas. Kemudian beliau bersabda :

فَإِذَا قَالَ: ذَلِكَ قَالَ الشَّيْطَانُ: حُفِظَ مِنِّي سَائِرَ الْيَوْمِ

Jika seseorang membaca doa ini, maka syaithan berteriak : Orang ini dilindungi dariku sepanjang hari. (HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh Syaikh al Albani).
Kemudian, ketika seseorang hendak keluar dari masjid maka dianjurkan pula membaca doa, yaitu :

بِسٌمِ اللهِ واصللاةُ وَالسَلاَمُ عَلى رَسُوٌلِ اللهِ, اَللَّهُمَّ اِنِّيٌ أَسٌألُكَ مِنٌ فَضٌلِكَ, اللَّهُمَّ اعٌصِمٌنِيٌ مِنَ الشَيٌطَانِ الرَّجِيٌمِ

Dengan Nama Allah, semoga shalawat terlimpahkan kepada Rasulullah. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon karunia-Mu kepada-Mu. Ya Allah, lindungilah aku dari godaan syaithan yang terkutuk.

Itulah doa doa yang diajarkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam ketika berangkat ke masjid, ketika masuk ke masjid dan ketika keluar dari masjid. Sungguh sangatlah baik jika kita hafalkan dan kita amalkan.

Sebagai penutup, dinukilkan salah satu hadits tentang keutamaan doa.  Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  :

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رضى الله عنه عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « لَيْسَ شَىْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اللَّهِ تَعَالَى مِنَ الدُّعَاءِ»

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata : Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : Tidak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah dibandingkan doa. (H.R at Tirmidzi).

Oleh karena itu, hamba hamba Allah sangatlah diajurkan untuk senantasa berdoa disetiap waktu dan keadaannya. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.919) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar