Minggu, 08 Maret 2020

JANGAN ADA RASA TAKUT MENGHADAPI MUSUH ISLAM


   JANGAN ADA RASA TAKUT MENGHADAPI MUSUH ISLAM

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sejak pertama kali Islam yang mulia ini didakwahkan oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam sudah muncul orang orang yang memusuhi Islam. Mereka menghambat dakwah  Islam dengan kekuasaan, ancaman bahkan ada yang sudah siap siap untuk membunuh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam.

Mereka memusuhi Islam karena  mereka ingin agar Islam jangan sampai muncul untuk menggantikan agama nenek moyang mereka. Tapi dengan izin dan pertolongan Allah Ta’ala, ternyata Islam tetap berkembang bahkan sangat pesat. Lihatlah bagaimana penduduk dunia saat ini yang diperkirakan 1,5 milyar beragama Islam.

Memang saat ini di banyak tempat Islam  terus ditekan oleh musuh musuhnya. Bahkan semakin ganas dan marajalela. Termasuk pula di negeri kita yang mayoritas beragama Islam. Musuh musuh Islam, diantaranya kafir dan dibantu munafik  selalu mencari jalan untuk melemahkan bahkan ingin menghancurkan Islam dengan pemikiran, tenaga dan juga DENGAN HARTA MEREKA Allah Ta’ala berfirman : 

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ لِيَصُدُّوا عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ ۚ فَسَيُنْفِقُونَهَا ثُمَّ تَكُونُ عَلَيْهِمْ حَسْرَةً ثُمَّ يُغْلَبُونَ ۗ وَالَّذِينَ كَفَرُوا إِلَىٰ جَهَنَّمَ يُحْشَرُونَ

Sesungguhnya orang orang yang kafir itu MENAFKAHKAN HARTA mereka untuk menghalangi (orang) dari jalan Allah yang benar. Mereka akan menafkahkan harta itu kemudian kemudian menjadi sesalan bagi mereka dan mereka akan dikalahkan. Dan ke dalam neraka jahannamlah orang orang yang kafir itu dikumpulkan. (Q.S al Anfaal 36).

Syaikh as Sa’di berkata : “Menafkahkan harta mereka untuk menghalangi (orang) dari jalan Allah yang benar”, yakni untuk membatalkan kebenaran dan menyokong kebatilan, membatalkan tauhid dan menegakkan penyembahan kepada berhala. Mereka (orang orang kafir) mengeluarkan nafkah ini dengan ringan karena keteguhan mereka memegang kebathilan dan kebencian mereka yang mendalam terhadap kebenaran (Islam). Tafsir Taisir Karimir Rahman.

Oleh karena itu orang orang beriman selalu waspada terhadap musuh musuh Islam. Lakukan sesuatu   apapun yang bisa dilakukan untuk membela agama ini.  Bisa berjihad dengan harta, jiwa, perkataan, tulisan dan yang lainnya.  

Ketahuilah bahwa cara terbaik untuk menghadapi dan bisa mengalahkan mereka  adalah dengan menolong agama Allah. Sungguh Allah Ta’ala telah berjanji untuk menolong  orang yang menolong agama-Nya  yaitu sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya :

 وَلَيَنْصُرَنَّ اللَّهُ مَنْ يَنْصُرُهُ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَقَوِيٌّ عَزِيزٌ

Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha kuat lagi Maha perkasa. (Q.S  al Hajj  40).

Imam ath Thabari mengatakan arti dari :  “Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama) -Nya.” Yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala  pasti menolong orang-orang yang berperang di jalan-Nya agar agama-Nya tinggi terhadap musuh-musuh-Nya. Maka makna pertolongan Allah bagi hamba-Nya adalah bantuan-Nya yang diminta sedangkan makna pertolongan hamba-Nya kepada Allah adalah jihad orang yang dijalan-Nya untuk meninggikan kalimat-Nya.  (Tafsir ath Thabari).     

Sungguh, Allah Ta’ala juga menjanjikan pertolongan kepada orang orang yang menolong agama Allah BAHKAN ALLAH TA’ALA AKAN MENGOKOHKAN KEDUDUKANNYA. Allah Ta’ala berfirman :
 
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِن تَنصُرُوا۟ ٱللَّهَ يَنصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

Wahai orang orang yang beriman !. Jika kamu menolong (agama) Allah niscaya Dia akan menolongmu dan mengokohkan kedudukanmu. (Q.S Muhammad 7).

Imam Ibnu Katsir berkata tentang ayat ini :  (niscaya Dia akan menolongmu) Karena balasan itu sesuai dengan amal perbuatan. (Tafsir Ibnu Katsir).

Syaikh as Sa’di berkata : Ini adalah perintah dari Allah Ta’ala kepada orang orang beriman agar mereka menolong (membela) Allah dengan menegakkan agama-Nya, menyeru manusia kepada-Nya serta berjihad melawan musuh musuh-Nya dengan tujuan mencari ridha-Nya.

Jika mereka melakukan hal itu maka Allah Ta’ala akan memberikan pertolongan kepada mereka dan meneguhkan kaki mereka. Artinya hati mereka diberi kesabaran, ketenangan serta keteguhan dan membuat diri mereka bersabar menghadapi itu. Dan juga memberikan pertolongan untuk mengalahkan musuh musuh mereka. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Jadi sangatlah jelas bahwa ketika orang orang beriman betul betul menolong agama Allah Ta’ala maka pertolongan Allah Yang Mahakuat akan mendatanginya sehingga tak perlu ada rasa takut menghadapi musuh musuh Islam.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.909)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar