Jumat, 06 Maret 2020

SANGAT BERUNTUNG HAMBA YANG BANYAK BERSUJUD


SANGAT BERUNTUNG HAMBA YANG BANYAK BERSUJUD

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Ketahuilah bahwa sungguh   secara jelas dan sangat tegas Allah Ta’ala telah memerintahkan manusia untuk bersujud kepada-Nya. Ini adalah salah satu  cara  yang utama  menyembah dan mengabdi kepada-Nya, sebagaimana firman-Nya :

فَاسْجُدُوا لِلَّهِ وَاعْبُدُوا
Maka bersujudlah kepada Allah dan sembahlah (Dia). Q.S an Najm 62.

Syaikh as Sa’di berkata : Ini perintah untuk bersujud kepada Allah Ta’ala  secara khusus menunjukkan keutamaan bersujud. Sujud adalah rahasia dan inti dari ibadah. Ruh dari sujud adalah kekhusyu’an kepada Allah Ta’ala dan ketundukan kepada-Nya.
Sujud adalah kondisi terbesar yang menunjukkan KETUNDUKAN SEORANG HAMBA KEPADA RABBNYA. Dengan bersujud, hati dan raga seorang hamba akan tunduk. Meletakkan bagian tubuh yang paling mulai ke tanah tempat berpijaknya kaki. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Allah Ta’ala berfirman : 

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ
Maka bertasbihlah dengan memuji Rabbmu  dan jadilah kamu termasuk orang-orang yang bersujud. (Q.S al Hijr 98)
Allah Ta’ala berfirman :
 وَمِنَ اللَّيْلِ فَاسْجُدْ لَهُ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا
Dan pada sebagian dari malam maka bersujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari. (Q.S al Insan 26)
Ketika ORANG ORANG  BERSUJUD terutama sekali dalam shalatnya maka Allah Ta’ala berjanji akan memberikan balasan KEBAIKAN YANG BESAR, diantaranya :

Pertama : Sebagai satu jalan untuk mengangkat derajat.

Ketika seorang hamba merendahkan diri SERENDAH RENDAHNYA DENGAN BERSUJUD  dihadapan Allah Ta’ala maka sungguh Allah Ta’ala  akan mengangkat dan meninggikan derajatnya. Dalam satu riwayat dari Ma'dan bin Abi Thalhah al Ya'muri, disebutkan  :

لَقِيتُ ثَوْبَانَ مَوْلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقُلْتُ لَهُ: حَدِّثْنِي بِحَدِيثٍ عَسَى اللَّهُ أَنْ يَنْفَعَنِي بِهِ، فَقَالَ: عَلَيْكَ بِالسُّجُودِ، فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ  مَا مِنْ عَبْدٍ يَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً، إِلَّا رَفَعَ اللَّهُ لَهُ بِهَا دَرَجَةً، وَحَطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةً

Aku pernah menjumpai Tsauban radhiallahu 'anhu, seorang bekas pelayan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam,  aku berkata kepadanya : Ceritakan padaku suatu hadits yang mudah-mudahan Allah akan memberikan manfaatnya padaku dengan hadits tersebut.

Tsauban radhiallahu 'anhu menjawab : Hendaklah engkau (bersungguh-sungguh memperbanyak) sujud, karena aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : Tidaklah seorang hamba yang bersujud kepada Allah dengan sekali sujud (saja), melainkan Allah akan MENGANGKATNYA BEBERAPA DERAJAT, dan menghapuskan beberapa dosa. (H.R Ibnu Hibban, an Nasa’i,  Ibnu Majah, Imam Ahmad dan juga ahli hadits yang selainnya)

Kedua : Sebagai satu jalan untuk bisa dekat dengan Rasulullah di surga.

Sungguh setiap hamba sangat ingin bisa dekat dengan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam di akhirat kelak. Diantara caranya adalah dengan meperbanyak sujud.

Dikisahkan dari Rabi'ah bin Ka'ab al Aslami sebagai berikut :

كُنْتُ أَبِيتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَتَيْتُهُ بِوَضُوئِهِ وَحَاجَتِهِ فَقَالَ لِي سَلْ فَقُلْتُ أَسْأَلُكَ مُرَافَقَتَكَ فِي الْجَنَّةِ قَالَ أَوْ غَيْرَ ذَلِكَ قُلْتُ هُوَ ذَاكَ قَالَ فَأَعِنِّي عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ

Aku bermalam bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu aku membawakan air wudhu’ nya dan air untuk hajatnya.  Maka beliau bersabda kepadaku : Mintalah kepadaku !. Maka aku berkata : Aku meminta kepadamu agar aku menemanimu di surga.

Beliau  bersabda : Atau ada (permintaan) selain itu ?. Aku menjawab : Itulah yang dia katakan. Maka beliau menjawab : Bantulah aku untuk mewujudkan keinginanmu dengan BANYAK MELAKUKAN SUJUD. (H.R Imam Muslim, Abu Dawud, an Nasa'i, Imam Ahmad dan ahli hadits yang  selainnya).

Oleh karena itu orang orang beriman akan senantiasa melaksanakan shalat yang fardhu dan menambahnya dengan shalat shalat sunnah yang disyariatkan. Itulah kesempatan terbaik untuk banyak bersujud dihadapan Allah Ta’ala.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.906).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar