Minggu, 15 Maret 2020

PERBANYAK MEMOHON AMPUN DAN BERTAUBAT KETIKA ADA MUSIBAH


PERBANYAK MEMOHON AMPUN DAN BERTAUBAT
KETIKA ADA MUSIBAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Agak sering negeri kita ini dilanda musibah dalam berbagai bentuk dan skalanya. Diantaranya banjir besar, longsor, tsunami, gempa bahkan penyakit menular dan yang lainnya. 

Sebagian orang lalu mengkaitkan dengan  fenomena alam. Misalnya ketika ada banjir besar dikaitkan dengan curah hujan yang tinggi. Iya bisa jadi begitu, tetapi itu penyebabnya secara fisik. Ketika datang gempa lalu dikaitkan dengan bergeraknya atau berbenturannya  lempengan ini dan lempengan itu dan yang lainnya. 

Curah hujan yang tinggi, bergeraknya lempengan bumi itu memang sering  menjadi musibah. Tapi ingatlah bahwa curah hujan dan bergerak lempengan bumi adalah dibawah kekuasaan Allah pemilik dan penguasa langit dan bumi. Semua terjadi adalah dengan kehendak-Nya. Allah Ta’ala berfirman :

وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Dan milik Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya. DIA MENCIPTAKAN APA YANG DIA KEHENDAKI. Dan Allah Mahakuasa atas segala sesuatu. (Q.S al Maidah 17)

Allah Ta’ala berfirman :

وَٱكْتُبْ لَنَا فِى هَٰذِهِ ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ إِنَّا هُدْنَآ إِلَيْكَ ۚ قَالَ عَذَابِىٓ أُصِيبُ بِهِۦ مَنْ أَشَآءُ ۖ وَرَحْمَتِى وَسِعَتْ كُلَّ شَىْءٍ ۚ فَسَأَكْتُبُهَا لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ وَيُؤْتُونَ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱلَّذِينَ هُم بِـَٔايَٰتِنَا يُؤْمِنُونَ

(Allah) berfirman : Siksa-Ku akan Aku timpakan kepada siapa yang Aku kehendaki dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Aku tetapkan rahmat-Ku kepada orang orang yang bertakwa yang menunaikan zakat dan orang orang yang beriman kepada ayat ayat Kami. (Q.S al A’raf 156). 

Sementara itu, ingatlah bahwa hakikatnya  musibah itu berpangkal dari perbuatan tangan manusia, kelakukan buruk manusia atau dengan kata lain tersebab dosa dosa manusia. Sungguh Allah Ta’ala telah menjelaskan perkara ini dalam firman-Nya :

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Q.S. ar Rum  41.

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ    

Dan musibah apa saja yang menimpa kamu adalah karena perbuatan tanganmu sendiri dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan kesalahanmu). Q.S asy Syuura 30.

Ibnu Qayyim al Jauziyah rahimahullah mengatakan : Di antara akibat dari berbuat dosa adalah menghilangkan nikmat dan AKIBAT DOSA ADALAH MENDATANGKAN BENCANA (MUSIBAH).  Oleh karena itu, hilangnya suatu nikmat dari seorang hamba adalah karena dosa. Begitu pula datangnya berbagai musibah juga disebabkan oleh dosa. (Al Jawabul Kaafi).

Oleh karena itu orang orang beriman hendaklah berusaha terus menerus mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala dengan amal amal shalih yang Allah ridha. Selain itu hendaklah memperbanyak doa memohon ampun dan bertaubat.

Allah Ta’ala berfirman :

وَاسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ ۚ إِنَّ رَبِّي رَحِيمٌ وَدُودٌ

Mohonlah ampunan kepada Rabb-mu kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sungguh Rabb-ku Maha Penyayang, Maha Pengasih. (Q.S Huud 90)

Ketahuilah bahwa ada beberapa doa memohon ampun bertaubat yang dianjurkan untuk dibaca, diantaranya :

Pertama : Doa yang diajarkan Nabi kepada Abubakar ash Shiddiq

اللَّهُمَّ إِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى ظُلْمًا كَثِيرًا وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ فَاغْفِرْ لِى مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِى إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ.  

Ya Allah, sungguh aku telah mendzalimi diriku dengan banyak kedzaliman dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka ampunilah aku dengan  pengampunan dari sisi-Mu dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Kedua : Riwayat Imam Bukhari  dalam Adabul Mufrad, dan yang lainnya.

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَتُبْ عَلَىَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Ya Rabb-ku, ampunilah dosa-dosaku dan terimalah taubat dariku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang

Ketiga : Dari hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, at Tirmidzi dan al Hakim.

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Dia, Yang Hidup dan terus-menerus mengurus makhluk-Nya, dan aku bertaubat kepada-Nya.

Ketiga doa ini adalah doa yang diajarkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam. Oleh karena itu sangatlah  baik untuk kita hafalkan dan kita amalkan, disamping doa doa yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala mengampuni dosa kita, menerima taubat kita dan diajuhkan dari segala musibah. 

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.913)

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar