Senin, 16 Maret 2020

ORANG BERIMAN SANGAT BUTUH PENJAGAAN DARI ALLAH


ORANG BERIMAN SANGAT BUTUH PENJAGAAN DARI ALLAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh hamba hamba Allah, amat sangat butuhnya kepada penjagaan dari-Nya. Kenapa ?, karena ketika Allah Ta’ala telah memberikan penjagaan maka tak ada yang akan bisa mencelakakannya. Dengan demikian akan diraih kebaikan dan keselamatan di dunia dan di akhrat.

Ketahuilah bahwa dalam (potongan) suatu hadits   yang cukup panjang yaitu hadits dari Ibnu Abbas, disebutkan satu perintah singkat tapi padat makna dari Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam, yaitu :

…. اِحْفَظِ اللَّهَ يَحْفَظْكَ، ….

… Jagalah Allah niscaya Allah menjagamu … (H.R Imam Ahmad dan at Tirmidzi).
Hadits ini menjelakan salah satu cara untuk mendapatkan penjagaan Allah Ta’ala  yaitu : JAGALAH ALLAH.

Lalu apa makna PERINTAH JAGALAH ALLAH dalam hadits ini. Perkara ini antara lain dijelaskan oleh Syaikh Abdul Muhsin al ‘Abbad al Badr, yaitu : 

(1) Jagalah batas batasan Allah dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. 

(2) Membenarkan segala berita (yang datang dari-Nya)  

(3) Beribadah kepada-Nya sesuai dengan yang Dia syariatkan. Bukan dengan hawa nafsu maupun bid’ah (dengan mengada ada).

Selanjutnya beliau berkata : (NISCAYA ALLAH AKAN MENJAGAMU) yaitu dalam perkara AGAMA DAN DUNIA sebagai balasan yang sesuai. Jadi, maknanya adalah bahwa balasan itu sesuai dengan jenis amal. AMALNYA ADALAH PENJAGAAN MAKA BALASANNYA PUN PENJAGAAN. (Syarh Arba’in an Nawawiyah)

Tentang makna hadits ini pula, Imam Ibnu Rajab al Hambali berkata : Jagalah Allah yakni jagalah batas batas hukum (yang ditetapkan-Nya), hak hak-Nya, perintah perintah dan larangan larangan-Nya.

Selanjutnya, Imam Ibnu Rajab berkata bahwa  maknanya adalah : (1) Apabila berupa perintah perintah maka dengan melaksanakannya. (2) Apabila berupa larangan larangan maka dengan menjauhinya. (3) Apabila berupa batasan batasan hukum, maka dengan tidak melewati apa yang diperintahkan dan dizinkan-Nya hingga batas apa yang Dia larang. 

Selain itu ketahuilah bahwa seorang hamba akan berada dalam kebaikan DAN DALAM PENJAGAAN ALLAH TA’ALA dengan mengamalkan pesan Rasulullah  Salallahu ‘alaihi wasallam dalam sabda beliau yaitu  ketika keluar rumah hendaklah membaca :

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi, walaa haula wala quwwata illa billah (Dengan nama Allah aku berserah diri kepada-Nya, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Nya) maka Malaikat akan berkata  kepadanya, (Sungguh) engkau telah diberi petunjuk (oleh Allah), dicukupkan (dalam segala keperluanmu) DAN DIJAGA (dari semua keburukan) sehingga syaithan pun tidak bisa mendekatinya.

Dan syaithan yang lain berkata kepada temannya : Bagaimana (mungkin) kamu bisa (mencelakakan) seorang yang telah diberi petunjuk, dicukupkan DAN DIJAGA (oleh Allah). H.R at Tirmidzi  dan Abu Daud, dishahihkan oleh Syaikh al Albani
Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.914)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar