Jumat, 08 April 2016

KALIMAT YANG DICINTAI ALLAH DAN RASULNYA



KALIMAT YANG DICINTAI ALLAH DAN RASULNYA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Ketahuilah bahwa  orang orang yang beriman sangatlah beruntung. Mereka diberi empat kalimat atau perkataan  dalam berdzikir. Kalimat atau perkataan ini adalah  yang paling dicintai Allah dan juga dicintai oleh Rasul-Nya, yaitu sebagaimana dijelaskan Rasulullah dalam sabdanya :

Pertama : “Perkataan yang paling dicintai Allah ada empat : 1. Subhanallah (Mahasuci) 2. Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah) 3. La ilaaha illallah (Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah) dan 4. Allahu Akbar (Allah Mahabesar). Tidak mengapa engkau memulai menyebutnya dari yang mana saja”  (H.R Imam Muslim).

Kedua : Rasulullah Salallahu ‘alaihi wassalam telah mengabarkan bahwa empat kalimat tersebut lebih beliau cintai daripada apa yang tersinari matahari yaitu dunia dan semua yang ada padanya. Beliau bersabda : “Sungguh aku mengucapkan Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha ilallaah dan Allahu Akbar, lebih aku cintai daripada apa apa yang disinari matahari (dunia dan seisinya). H.R Imam Muslim dari Abu Hurairah.

Ketahuilah bahwa semua harta dunia bahkan termasuk dunia itu sendiri pasti akan punah sedangkan bacaan kalimat  thaiyibah, diantaranya empat kalimat diatas, adalah merupakan amal shalih bagi seorang hamba dan tidak akan pernah hilang sampai kapanpun.

Selain itu, empat kalimat ini  akan datang pada hari Kiamat dan menjadi perisai atau penghalang seseorang yang selalu mengucapkannya, dari panasnya api neraka. Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah bersabda : “Khudzuu junnatakum” Ambillah perisai kalian. Lalu para sahabat berkata : Wahai Rasulullah, apakah ada musuh yang datang ?. 
Rasulullah bersabda : “Tidak (tidak ada musuh yang datang) akan tetapi (ambillah) perisai (sebagai pelindung) dari Neraka, yakni dengan mengucapkan : 1. Subhanallah 2. Alhamdulillah 3. La ilaaha ilallah 4. Allahu Akbar. Keempat kalimat itu akan datang di hari Kiamat sebagai mujannabaat (yang berjalan disisi kita) dan sebagai mu’aqqibaat (yang berjalan dibelakang kita). Keempat kalimat itu merupakan al baaqiyaatush shaalihaat (kekal pahalanya hingga hari Kiamat dan berguna bagi pembacanya). Hadits Hasan Lihat Shahiihut Targhib  wat Tarhib).

Nah, jika ini kalimat yang paling dicintai Allah dan asul-Nya  maka tentu sangatlah baik dan bermanfaat jika kita melazimkan untuk  berdzikir dengan kalimat ini pada setiap waktu dan kesempatan. Dan tentulah sangat merugi orang orang yang mengabaikannya.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam.  (627)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar