Sabtu, 06 Februari 2016

MEMBERI PINJAMAN YANG BERPAHALA BESAR



 MEMBERI PINJAMAN YANG MENDATANGKAN 
PAHALA BESAR

Oleh : Azwir B. Chaniago

Memberi pinjaman (uang atau barang) adalah satu bagian dari hubungan muamalah yang  dianjurkan dalam syariat Islam. Apalagi jika seseorang punya kemampuan untuk memberi pinjaman sedangkan seseorang yang lain sangat membutuhkan pinjaman. 

Ketahuilah bahwa ternyata memberi pinjaman bisa mendatangkan pahala yang berlimpah bagi yang melakukannya. Namun demikian pahala itu akan tersedia dengan menjaga beberapa adab yang baik dalam memberi pinjaman.  Diantaranya adalah :

Pertama : Menjaga niat yang benar dalam memberi pinjaman.
Suka memberi pinjaman adalah salah satu sikap yang baik dari seorang hamba. Oleh karena itu haruslah dilakukan dengan niat yang baik pula yaitu mengharapkan pahala dari Allah Ta’ala saja. 

Pahala memberi pinjaman sama seperti pahala setengah membayar zakat. Oleh karena itu hendaklah pemberi pinjaman meluruskan niatnya agar mendapat imbalan berupa pahala. Rasulullah bersabda : “Man aqradha wariqan marrataini kaana ka’adli shdaqatin marratan”. Barangsiapa yang  memberikan utang berupa uang perak sebanyak dua kali maka pahalanya seperti membayar zakat satu kali. (H.R al Baihaqi dalam Sunanul Kubra).

Kedua : Bersikap baik saat menagih piutang
Apabila yang berpiutang mendatangi  yang berhutang untuk menagih haknya maka sangatlah dianjurkan untuk berlemah lembut. Kedepankan akhlak mulia. Meskipun yang berhutang lalai dalam membayar maka tidaklah baik jika  menagih haknya dengan kata kata yang kasar. Tetaplah berlapang dada dalam menagih. 

Allah Ta’ala melalui Rasul-Nya telah mengajarkan adab yang baik kepada orang yang memiliki hak dan orang yang memiliki kewajiban. Rasulullah bersabda : “Adkhalallahu ‘azza wajallal jannata rajulan kaana sahlan musytariyan wa baa-i’an, wa qaadhiyan wa muqtadhiyan”. Allah ‘Azza wa Jalla akan memasukkan ke dalam surga orang yang murah hati ketika membeli, menjual, melunasi hutang dan meminta haknya. (H.R Imam Ahmad, an Nasa’i dan Ibnu Majah).

Rasulullah bersabda : “Rahimallahu rajulan smhan idzaa baa-‘a, wa idzaasytara, wa idzaaqtadha”. Allah merahmati seorang yang murah hati ketika menjual, membeli dan meminta haknya. (H.R Imam Ahmad, an Nasa’i dan Ibnu Majah).

Ketiga : Memberi tenggang waktu.
Ketika orang yang memberi pinjaman melihat dan yakin bahwa orang yang berhutang mendapatkan kesulitan untuk membayar pada waktu yang telah ditentukan maka selayaknya ia memberikan tenggang waktu. Dengan demikian dia telah bersabar dan meringankan bagi yang berhutang. Sikap yang demikian akan mendatangkan pahala yang besar baginya disebabkan kebaikan yang diberikan kepada orang yang sedang kesulitan. 

Allah Ta’ala berfirman : “Wain kaana dzuu ‘usratin fanazhiratun ilaa maisaratin”. Dan jika (orang yang berhutang) dalam kesukaran maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan …. (Q.S al Baqarah 280).

Begitulah seharusnya sikap seorang muslim terhadap saudaranya yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kewajibannya. Dan ketahuilah bahwa Allah Ta’ala akan menyelamatkannya dari kesulitan pada hari Kiamat kelak.

Rasulullah bersabda : “Barangsiapa ingin diselamatkan Allah dari kesulitan pada hari Kiamat maka hendaklah ia memberikan kelonggaran kepada orang yang kesulitan (membayar hutang) atau membebaskannya dari hutang tersebut” (H.R Imam Muslim dari Abu Qatadah). 

Keempat : Menghapuskan hutang orang yang tidak mampu.
Ketika orang yang berpiutang mendapati seseorang yang memang tidak mampu membayar hutangnya maka sangatlah dianjurkan agar ia memaafkannya, merelakannya yaitu dengan membebaskannya dari hutang tersebut.

Allah Ta’ala berfirman : “Dan jika (orang yang berhutang) dalam kesukaran maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua hutang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui”. (Q.S al Baqarah 280).
Menghapuskan sebagian atau semua hutang orang yang kesulitan akan mendatangkan keutamaan dan pahala yang besar. Diantaranya adalah bahwa Allah Ta’ala akan memaafkannya, memberinya naungan ‘Arsy dan dia akan mendapatkan pertolongan Allah dalam menghadapi kesulitan di dunia dan di akhirat.

Rasulullah bersabda : “Dahulu ada seorang pedagang yang suka memberikan piutang kepada orang orang. Apabila (dia) melihat ada yang tidak mampu membayar, maka ia pun berkata kepada pembantu pembantunya : Sudah, maafkan saja dan hapuskan hutangnya, semoga akan Allah memaafkan kita. Maka Allah pun memaafkan (dosa dosanya). H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim, dari Abu Hurairah.

Hadits ini merupakan salah satu pendorong agar orang orang yang berpiutang suka memaafkan dan menganggap lunas hutang orang orang yang memang tidak mampu memenuhi kewajibannya.

Rasulullah bersabda : Man nafsa ‘an ghariimihi, au mahaa ‘anhu, kaana fii zhillil ‘arsyi yaumal qiyamati”. Barangsiapa yang memberikan keringanan kepada  orang yang berhutang kepadanya atau menghapus hutangnya niscaya kelak pada hari Kiamat ia akan mendapatkan naungan ‘Arsy. (H.R  Imam Ahmad dan ad Darimi).

Rasulullah bersabda : Barangsiapa yang meringankan sebuah kesulitan dunia yang sedang menimpa seorang mukmin niscaya Allah akan meringankan satu kesulitan yang menimpanya pada hari Kiamat kelak. Barangsiapa menolong orang yang sedang berada dalam kesusahan niscaya Allah akan menolongnya dalam menghadapi kesulitan dunia dan akhirat ….(H.R Imam Muslim, dari Abu Hurairah).

Insya Allah bermanfaat bagi kita semua. Wallahu A’lam   (564)           

8 komentar:

  1. Saya harus bersaksi tentang perbuatan baik yang dilakukan James Althouse Finance Firm untuk saya.
    Saya tidak pernah berpikir akan bertemu dengan seseorang seperti Mr. James. Dia adalah permata yang langka. Saya Aisyah Saya meluangkan waktu untuk bersaksi tentang Pak James karena dia akhirnya menawarkan apa yang tidak dimiliki orang lain.
    Suami saya dan saya pergi ke hutang besar-besaran dengan debitur dan Bank dan kami mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tapi tidak menghasilkan apa-apa. Sebagai gantinya mereka membawa kita ke hutang lebih banyak dan akhirnya membiarkan kita bangkrut sampai saya bertemu dengan Mr. James, dia menawarkan pinjaman meski pada awalnya saya takut akan berakhir seperti perusahaan pinjaman lain yang telah saya coba pinjam, tapi saya memiliki Menemukan bahwa dia tidak seperti mereka. Sekarang kita akhirnya menyelesaikan hutang kita dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa untuk pinjaman.
    Hubungi Mr. James melalui email berikut.
    Jamesalthousefinancefirm@gmail.com, atau Anda bisa menghubungi saya melalui email saya jika Anda ingin tahu lebih banyak: aisyahtaufik23@gmail.com

    BalasHapus
  2. Selamat malam teman saya sangat bahagia hari ini untuk bing kabar baik ini untuk kalian semua silahkan bergabung dengan saya untuk bahagia. Saya baru saja mendapat pinjaman dari organisasi pinjaman internasional yang sah. Ini adalah bagaimana saya mendapatkan kontak mereka. Saya melihat kesaksian seorang Ibu AIMAN AAYAN di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberi saya email mereka (markharveyfinancecompany@gmail.com) Jadi saya segera mengirim email kepada mereka dan mereka menanggapi email saya. Saya terkejut bahwa kurang dari 48 jam setelah itu, pinjaman sebesar $ 280.000 dolar Amerika Serikat yang saya ajukan benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. Sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa itu benar. Kupikir aku sedang bermimpi saat mendapat pesan dari bankku. Sekarang hatiku dipenuhi dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari dorongan tulus untuk mendapatkan pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai sebuah proyek adalah dengan mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut karena saya terkejut. Saya ingin berterima kasih terutama kepada Ibu AIMAN AAYAN yang memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda menghubungi mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, tolong sebarkan kabar baiknya sehingga orang lain juga bisa mendapatkan keuntungan. Ini ada email sekali lagi markharveyfinancecompany@gmail.com
    Terima kasih. Inilah email saya yang membungkus anda ingin bertanya apa saja aabroo.aaban@gmail.com

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    BalasHapus
  5. Halo teman, saya punya kabar bagus untuk dibagikan. tolong bergabunglah dengan saya untuk bahagia Saya baru saja mendapat pinjaman dari organisasi pinjaman internasional yang sah. Ini adalah bagaimana saya mendapatkan kontak mereka. Saya melihat posting mereka di forum ini dan email mereka (charlesharveyfinancecompany@gmail.com) Jadi saya segera mengirim email kepada mereka dan mereka menanggapi email saya. Jujur saja, awalnya saya sangat takut karena telah kehilangan uang untuk penipuan sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 48 jam setelahnya, pinjaman sebesar $ 370.000 dolar Amerika Serikat yang saya ajukan benar-benar ditransfer ke akun saya. Seluruh proses itu sederhana. Sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa itu benar. Kupikir aku sedang bermimpi saat mendapat pesan dari bankku. Sekarang hatiku dipenuhi dengan sukacita. Saran saya sangat sederhana untuk setiap orang yang mencari dorongan tulus untuk mendapatkan pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai sebuah proyek adalah dengan mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut karena saya terkejut. Dan jika Anda menghubungi mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, tolong sebarkan kabar baiknya sehingga orang lain juga bisa mendapatkan keuntungan. ini ada email sekali lagi, charlesharveyfinancecompany@gmail.com
    Terima kasih.
    Inilah email saya yang membungkus anda ingin bertanya kepada saya apa adanya. aishasalam006@gmail.com

    BalasHapus
  6. Halo teman, saya punya kabar bagus untuk dibagikan. tolong bergabunglah dengan saya untuk bahagia Saya baru saja mendapat pinjaman dari organisasi pinjaman internasional yang sah. Ini adalah bagaimana saya mendapatkan kontak mereka. Saya melihat posting mereka di forum ini dan email mereka (charlesharveyfinancecompany@gmail.com) Jadi saya segera mengirim email kepada mereka dan mereka menanggapi email saya. Jujur saja, awalnya saya sangat takut karena telah kehilangan uang untuk penipuan sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 48 jam setelahnya, pinjaman sebesar $ 370.000 dolar Amerika Serikat yang saya ajukan benar-benar ditransfer ke akun saya. Seluruh proses itu sederhana. Sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa itu benar. Kupikir aku sedang bermimpi saat mendapat pesan dari bankku. Sekarang hatiku dipenuhi dengan sukacita. Saran saya sangat sederhana untuk setiap orang yang mencari dorongan tulus untuk mendapatkan pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai sebuah proyek adalah dengan mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut karena saya terkejut. Dan jika Anda menghubungi mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, tolong sebarkan kabar baiknya sehingga orang lain juga bisa mendapatkan keuntungan. ini ada email sekali lagi, charlesharveyfinancecompany@gmail.com
    Terima kasih.
    Inilah email saya yang membungkus anda ingin bertanya kepada saya apa adanya. aishasalam006@gmail.com

    BalasHapus
  7. Halo

    Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} ada di sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, operator, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga dapat menghubungi kami melalui pin BBM (DB5121C1) dan Anda semua bisa menghubungi kami tentang bagaimana kepercayaan nomor (+393511318582) jujur ​​pada layanan kami.
    Assalamu`alaikum wr wb,

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum Wr Wb



    Kami percaya pada Kepercayaan, Ketulusan dan standar hidup yang baik, setiap orang memiliki hak untuk menjadi kuat secara finansial, itulah alasan kami membantu Orang-orang dengan Pinjaman, untuk memungkinkan Anda menyelesaikan semua masalah keuangan Anda dan memiliki kehidupan yang lebih baik lagi, kami meminjamkan Anda berapa pun jumlah yang Anda inginkan dengan suku bunga yang sangat rendah, negara atau lokasi Anda tidak menjadi masalah jika Anda menginginkan kehidupan yang lebih baik bagi keluarga Anda dan Anda ingin menjadi stabil secara finansial dan bebas utang.


    Hubungi kami hari ini dengan.
    Perusahaan: KELOMPOK KEUANGAN KREDIT
    E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
    BBM INVITES: {DDA46523}

    BalasHapus