Sabtu, 20 Februari 2016

MANFAATKAN HP UNTUK MENCARI PAHALA



MANFAATKAN HP UNTUK MENCARI PAHALA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Peralatan komunikasi berupa handphone (HP)  atau telepon genggam dan sejenisnya saat ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dari berbagai strata. Bahkan saat ini tersedia berbagai jenis dan tipe HP. Mulai dari jenis yang paling sederhana sampai kepada tipe yang canggih dengan fitur fitur sangat hebat.

Lalu ada yang mengatakan bahwa HP adalah ibarat pedang bermata dua. Satu mata bisa memberi manfaat sedangkan mata yang lainnya bisa mendatangkan mudharat. Ini tentu ada benarnya.

Tapi ketahuilah bahwa sebenarnya bukan HP saja yang bermata dua. Perhatikanlah bahwa hampir semua barang, peralatan atau segala sesuatu  yang berada pada manusia adalah bermata dua. Bisa mengantarkan manusia kesurga dan bisa pula  menjadi sarana yang akan  melemparkan manusia ke neraka. 
  
Mulut kita, tangan, kaki, mata dan anggota tubuh lainnya juga bermata dua. Bahkan kalau di dompet kita saat ini ada uang tunai 500 ribu rupiah juga punya potensi untuk mendatangkan kebaikan atau mendatangkan mudharat, ya bermata dua juga. Tergantung kita mau menggunakannya untuk keperluan apa.

Lalu kenapa bermata dua ? Ketahuilah bahwa Allah Ta’ala telah mengingatkan kita tentang hal ini. Allah Subhanahu wa Ta’ala mengilhamkan pada diri manusia dua sifat yaitu fujur (sesuatu yang buruk) dan sifat takwa (sesuatu yang baik). Allah berfirman : “Fahal hamaha fujuraha wa taqwaha” Maka Dia (Allah) mengilhamkan (menunjukkan) kepada (jiwa itu jalan) jalan kefasikan dan ketakwaan.  (Q.S asy Syam 8)

Selanjutnya dalam surat al Balad ayat 10, Allah berfirman : “Wahadainaahun najdain.” Kami telah menunjukkan kepadanya (manusia) dua jalan.

Imam Ibnu Katsir, dalam Kitab Tafsirnya antara lain menjelaskan bahwa : Para sahabat seperti Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas, Ali bin Abi Thalib, dan juga Mujahid (seorang Tabi’in murid Ibnu Abbas) dan yang lainnya mengatakan bahwa dua jalan itu bermakna jalan kebaikan dan keburukan.

Syaikh as Sa’di berkata : (Dua jalan yaitu) Jalan kebaikan dan jalan keburukan. Allah menjelaskan antara petunjuk dan kesesatan padanya. Kenikmatan kenikmatan besar ini mengharuskan manusia untuk menunaikan hak  hak Allah Ta’ala serta bersyukur atas segala nikmat-Nya serta tidak digunakan untuk mendurhakai Alllah Ta’ala. (Tafsir Karimir Rahman). 

Sungguh manusia  diberi akal untuk memilih yang terbaik bagi dunia dan akhiratnya. Bahkan Allah Ta’ala melalui  Rasul-Nya telah memberikan tuntunan bagaimana memilih yang terbaik yaitu dengan petunjuk al Qur an as Sunnah dengan pemahaman salafush shalih.

Kalau kita tilik kebelakang,  bahwa asal muasalnya HP adalah untuk komunikasi jarak jauh semacam telepon kemudian bertambah dengan fitur SMS. Saat ini ternyata HP menjadi alat komunikasi yang memiliki fitur sangat banyak. Mulai dari SMS, BBM, Twitter, Facebook, Whats App, internet dan yang lainnya. Bahkan bukan hanya melalui suara tapi juga tulisan, gambar, video dan yang lainnya.

Semakin bertambah fitur Hp maka semakin bertambah tajam pula matanya yang dua itu. Apakah untuk kebaikan atau keburukan. Oleh sebab itu maka semakin diperlukan kewaspadaan dan kehati hatian dalam menggunakannya. 

Seorang hamba haruslah berfikir bahwa HP adalah nikmat Allah yang membuat kita semakin mudah  untuk berbagai urusan terutama komunikasi. Oleh karena sifatnya adalah nikmat maka sangatlah baik jika kita mencari jalan bagaimana menggunakan nikmat HP ini bisa mendatangkan manfaat bahkan pahala yang banyak. Insya Allah. Diantara cara yang bisa dilakukan adalah : 

Pertama : Pada saat mau membuka HP pasanglah niat yang ikhlas dengan rasa syukur dan  mencari kemashlahatan baik untuk dunia maupun akhirat. 

Kedua : Jika membuka satu fitur HP maka niatkan untuk mendapatkan kebaikan dan ridha Allah Ta’ala. Bukalah fitur yang diperlukan, misalnya Whats App. Gunakan sebagai sarana komunikasi yang bermanfaat dengan para sahabat, saling menasehati dengan kalimat yang santun, belajar ilmu yang bermanfaat, sebagai media dakwah dan yang lainnya.

Ketiga : Berusaha mengatur waktu. Sungguh waktu kita di dunia ini tidaklah lama. Jadi jangan menggunakan HP dengan waktu yang berlebihan. Gunakan untuk yang bermanfaat saja. Berpalinglah dari yang sia sia yang bisa menghabiskan waktu tanpa manfaat.

Tentang waktu, Rasulullah bersabda :  “Ni’matani maghbunun fihima kasyirun minannaasi, ashihatu wal faragh.” Dua kenikmatan yang banyak melalaikan manusia adalah kesehatan dan waktu luang (H.R. Imam Bukhari).

Keempat : Selalu muraqabah. Ini sangat penting. Selama menggunakan HP tetaplah merasa diawasi. Jangan gunakan  fitur HP untuk suatu maksiat. Takutlah kepada Allah pada saat sendirian maupun dalam keramaian. Ketahuilah bahwa Malaikat pengawas tidak akan pernah lupa mencatat apa yang dilakukan  dilakukan seorang hamba meskipun dalam kesendiriannya.

Allah berfirman : “(Ingatlah) ketika dua malaikat mencatat (perbuatan manusia) yang satu duduk disebelah kanan dan yang lain disebelah kiri. Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat).” Q.S Qaaf 17-18).

Allah berfirman : “Wa inna ‘alakum lahaafizhiin”. Dan sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu) Q.S al Infithaar 10.      
Oleh karena mari kita manfaatkan semua nikmat Allah, termasuk HP ini sebagai sarana beribadah sehingga mendatangkan pahala serta kebaikan di dunia dan di akhirat.

Insya Allah ada manfaatnya untuk kita semua. Wallahu A’lam. (578)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar